Selasa, 2 September 2014

Pratinjau 8 laga Champions dini hari nanti

Selasa, 26 November 2013 11:28 WIB | 4.820 Views
Pratinjau 8 laga Champions dini hari nanti
Chelsea hanya perlu seri melawan FC Basel untuk lolos ke babak 16 Besar Liga Champions (AFP)
Paris (ANTARA News) - Empat tim sudah memastikan diri lolos ke babak 16 Besar menjelang laga kelima fase grup Liga Champions musim ini. 

Dini hari nanti, Chelsea bisa memastikan lolos dengan cukup satu poin kala bertandang ke Swiss, demikian juga dengan Arsenal yang mencoba lolos lebih awal namun sambil berharap Dortmund tergelincir.

Berikut ulasan singkat skenario delapan tim pada laga Rabu dini hari ini, dikutip dari AFP.
        
GRUP E
FC Basel vs Chelsea
Tersisih di fase grup musim lalu kala menyandang juara bertahan, Chelsea hanya memerlukan hasil seri melawan Basel di Swiss untuk meraih tempat pada babak 16 Besar. 
Jika mencetak kemenangan keempat di Grup E maka akan membuat the Blues menjuarai grup ini. 
Chelsea menang di St Jakob-Park musim lalu pada semifinal Liga Europa namun harus mewaspadai jawara Liga Swiss itu karena September lalu klub tersebut mengalahkan Chelsea 2-1 di London.
Chelsea masuk gelanggang dengan suasana baik setelah menang 3-0 dari West Ham United yang membuat klub itu kini menempati peringkat tiga Liga Premier.
Mereka hanya sekali kalah pada 13 laga terakhirnya pada segala kompetisi, sedangkan Basel perkasa di puncak Liga Super Swiss dengan hanya sekali kalah dalam 19 pertandingan terakhir.

Steaua Bucharest vs Schalke 04
Schalke menjalani laga kelima Liga Champions dengan menempati peringkat kedua Grup E.  Jika tim ini menang melawan Steaua Bucharest, dan saat bersamaan Basel dikalahkan Chelsea, maka Schalke akan maju ke babak knockout.
The Royal Blues menang meyakinkan 3-0 pada pertemuan pertama mereka di Gelsenkirchen September lalu namun belakangan tampil tidak konsisten dengan diantaranya dipaksa seri 3-3 oleh Eintracht Frankfurt di Bundesliga Sabtu pekan lalu. Pelatih Jens Keller menyebut hasil seri itu menjengkelkan, apalagi Schalke sempat unggul 2-0.
Keller masih harus tampil tanpa Klaas-Jan Huntelaar yang dibekap cedera saat bertandang ke ibukota Rumania guna menghadapi Steaua yang tidak terkalahkan di liga domestik namun tak pernah menang di Grup E Liga Champions.

Grup F
Arsenal vs Marseille
Arsenal bisa meraih satu tempat di babak 16 Besar nanti jika sukses menciptakan kekalahan kelima Marseille dalam lima pertandingan Liga Champions musim ini.
Jika the Gunners memang di Emirates Stadium dini hari nanti, maka mereka akan lolos ke babak 16 Besar, namun dengan syarat Borussia Dortmund juga gagal menundukkan tamunya Napoli. Seri sudah cukup bagi Arsenal, jika Dortmund kalah.
Sementara itu, Marseille yang sudah tersisih masih bisa berkesempatan mencuri tempat ketiga untuk kemudian mendapat satu tiket ke Liga Europa dengan kombinasi hasil yang benar.
Skenario itu agak mustahil, kendati pelatih Elie Baup kini bisa menurunkan lagi Andre-Pierre Gignac dan Mathieu Valbuena yang sebelumnya dibalut cedera.
Arsenal yang tengah memuncaki klasemen Liga Premier dan menang 2-1 ats Marseille di Prancis September silam, akan kembali diperkuat Theo Walcott yang sempat cedera saat melawan Southampton Sabtu lalu.

Borussia Dortmund vs Napoli
Borussia Dortmund yang menjadi finalis Liga Champions musim lalu akan tersisih di fase grup jika gagal mengalahkan Napoli di Jerman dan saat bersamaan Arsenal menundukkan Marseille.
Ancaman ini begitu nyata bagi klub asuhan Jurgen Klopp yang kalah memalukan 0-3 di kandang sendiri dari Bayern Munchen di Bundesliga Sabtu pekan lalu ketika mereka berjuang melawan krisis pertahanan akibat cederanya para pemain.
Nanti pun melawan Napoli, Neven Subotic, Mats Hummels dan Marcel Schmelzer tak akan tampil.
Napoli mengalahkan Dortmund 2-1 di Italia dan jika di Jerman nanti juga mereka menang maka akan memastikan langkahnya ke babak 16 Besar.
Namun Napoli harus turun gelanggang dengan perasaan was-was karena hasil mengecewakan di liga domestik sebelumnya pekan lalu saat kalah 0-1 dari tamunya Parma yang sekaligus mengancam peluang mereka menuju gelar juara Serie A.

GRUP G
FC Porto vs Austria Vienna
Porto yang juara Eropa dua kali memerlukan kemenangan saat menjamu Austria Vienna di Estadio do Dragao setelah diturunkan Zenit ke peringkat kedua Grup G.
Klub Portugal ini menang 1-0 dari Vienna September lalu berkat gol babak kedua Lucho Gonzalez namun hanya mampu meraih satu poin dari tiga laga terakhirnya setelah kalah dua kali dari Zenit dan Atletico Madrid.
Klub asuhan Paulo Fonseca ini tak terkalahkan di liga domestik dan memuncaki klasemen liga, namun dipaksa seri 1-1 di kandangnya sendiri oleh Nacional Sabtu pekan lalu.
Hasil ini mengecewakan para pendukungnya dan mereka ini tak akan menoleransi lagi jika tim tergelincir melawan Austria Vienna yang baru mengemas satu poin di Grup G dan tak berhasil mencetak satu pun gol.

Zenit St Petersburg vs Atletico Madrid
Atletico sudah memastikan diri lolos ke babak 16 Besar sekaligus menjadi satu dari dua klub selain juara bertahan Bayern Munchen yang memenangi empat laga pertama fase grup.
Klub asuhan Diego Simeone ini sudah pasti memuncaki klasemen akhir Grup G sehingga membuat pelatih Argentina itu mengistirahatkan para pemain kuncinya saat bertandang ke Rusia, di antaranya Diego Costa dan David Villa. 
Pertandingan melawan Zenit dibekali dengan kemenangan meyakinkan 7-0 dari Getafe yang membuat Atletico tetap menjadi penantang serius di puncak La Liga.
Zenit hanya menang satu kali di grup ini dan kalah 1-3 di Madrid  September lalu, namun kemenangan di Stadion Petrovski akan membawanya melaju ke babak 16 Besar dengan catatan Porto gagal meraih kemenangan melawan Austria Vienna.

GRUP H
Ajax vs Barcelona
Kemangan 4-0 Barcelona dari Ajax September lalu adalah pertemuan pertama dua raksasa Eropa yang keduanya dikaitkan dengan mantan pemain dan pelatih yang ikonik Johan Cruyff.
Kini kedua klub akan bertanding di Amsterdam untuk pertama kalinya, dengan Barcelona sudah memastikan diri lolos ke babak 16 Besar dan hanya perlu satu poin untuk memastikan diri kukuh di puncak klasemen Grup H. 
Klub Catalonia yang memuncaki La Liga itu tak akan diperkuat beberapa pemain yang lagi didera cedera termasuk pemain terbaik dunia Lionel Messi dan kiper Victor Valdes.
Ajax mengalahkan Celtic pada pertandingan terakhir fase grup dua pekan lalu demi membuka lebar peluangnya lolos ke babak 16 Besar.  Mereka turun ke gelanggang dengan bekal menang 3-0  dari Heracles di liga domestik Eredivisie akhir pekan lalu.

Celtic vs AC Milan
Pertemuan di Celtic Park ini adalah menjadi arena memperebutkan jatah kedua Grup H ke babak 16 Besar.
Milan bertandang ke Glasgow dengan bekal urutan kedua klasemen, dan akan lolos ke putaran berikut jika menang dari Celtic dan saat bersamaan Ajax kalah lagi dari Barcelona.
Tapi Rossoneri kini menjadi klub dalam keadaan krisis di mana hasil seri 1-1 akhir pekan lalu melawan Genoa membuatnya terpental di Serie A hingga memicu gelombang kemarahan para pendukung.
Celtic berada di dasar klasemen grup ini namun mereka bisa menang di kandang mengingat dalam fase grup kompetisi ini pada 2007 mereka pernah menumbangkan Milan 2-1 di East End, Glasgow.
Jika sukses mengulang kemenangan itu maka the Hoops akan berada di atas klub asuhan Massimiliano Allegri tersebut pada klasemen grup.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga