Naypyitaw  (ANTARA News) - Indonesia mendapat tambahan tiga emas dari cabang rowing SEA Games 2013 yang digelar di Ngalike Dam, Naypyitaw, Myanmar, Senin.

Emas pertama dipersembahkan duet Wahyuni/Maryam Makdalena Daimoi dari nomor LW 2X setelah membukukan catatan waktu tujuh menit 46,42 detik. Untuk perak direbut Vietnam dengan selisih waktu 1,50 detik dan perunggu direbut atlet tuan rumah yang terpaut 4,46 detik.

Selanjutnya emas disumbangkan oleh Ihram/Muhamad Yakin dari nomor LM 2X setelah membukukan catatan waktu tujuh menit 77,42 detik. Untuk perak direbut atlet Filipina dan perunggu direbut oleh atlet asal Thailand.

Emas ketiga diraih dari nomor LM 4- melalui Jamaludin, Alidarta Lakiki, Arif dan Thomas Hallatu dengan catatan waktu tujuh menit 49,48 detik. Sedangkan Memo hanya meraih perunggu dari nomor M1X.

"Secara hasil memang lebih bagus dari SEA Games sebelumnya. Nomor yang dulu tidak dapat medali disini juga dapat. Yang jelas target sudah tercapai," kata pelatih rowing Indonesia Dede Rohmad Nurjaya.

Menurut dia, target yang dicanangkan adalah tiga emas. Namun, peluang untuk menambah medali masih terbuka karena masing ada empat nomor yang dipertandingkan.

"Total ada sembilan nomor yang dipertandingkan. Memang jumlahnya lebih sedikit dari SEA Games sebelumnya. Dulu ada 11 nomor yang dipertandingkan," katanya menambahkan.

Sementara itu Manajer Dayung Indonesia, Budiman Setiawan mengatakan, raihan tiga emas ini bukan sebuah kejutan karena atlet yang ada mempunyai kemampuan untuk memberikan yang terbaik.

"Memang semuanya belum maksimal terutama di putri. Angin juga cukup kencang sehingga atlet muda (Memo) belum bisa mengatasi masalah itu," katanya.

Hingga saat ini dari cabang dayung telah mengemas tujuh emas. Empat emas yang lain dipersembahkan dari nomor kayak dan kano.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013