Jakarta (ANTARA News) - Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) memperkirakan akan ada sekitar 35.000 kendaraan bermotor yang masuk ke wilayah wisata tersebut sepanjang malam pergantian tahun baru 2014.

"Kami memperkirakan ada kurang lebih 35.000 kendaraan bermotor baik mobil maupun motor yang datang sepanjang malam tahun baru nanti," kata Manajer Humas TMII Suryandoro di Jakarta, Selasa.

Dengan jumlah kendaraan itu, diperkirakan total pengunjung yang hadir pada malam pergantian tahun baru 2014 sebanyak 70.000 orang.

Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas dan memastikan keamanan di dalam kompleks TMII, pengelola telah mempersiapkan 5.000 aparat gabungan TNI-Polri-Satpol PP bersama petugas internal yang diperbantukan sepanjang malam.

Seluruh aparat akan bersiaga mulai dari pintu keluar Tol Cikunir yang mengarah ke TMII dan di dalam kompleks TMII.

"Di dalam TMII sendiri akan ada petugas di setiap pertigaan dan titik-titik pagelaran yang kami adakan," kata dia.

Menurut Suryandoro, pihaknya telah mempersiapkan pagelaran musik dangdut Sagita Grup, wayang kulit dengan Dalang Ki Puguh Prasetyo, campur sari, organ tunggal, aneka kesenian daerah, hingga puncaknya akan dimeriahkan 3.639 kembang api selama malam pergantian tahun 2014.

Suryandoro menjelaskan perayaan dengan 3.639 kembang api memiliki makna yakni angka 3 dan 6 dipilih lantaran jika kedua angka itu ditambahkan akan menghasilkan angka 9 yang merupakan angka terbesar. Sedangkan 39 merupakan usia TMII pada 20 April 2014 nanti.

Sementara itu Suryandoro juga mengatakan bahwa tiket masuk TMII akan beranjak naik menjadi Rp25.000 per orang mulai pukul 16.00-24.00 WIB nanti. Sebelum atau setelah jam-jam tersebut, harga tiket normal senilai Rp9.000 per orang.

"Harga tiket Rp25.000 per orang ini khusus malam tahun baru. Harganya sama dengan tahun lalu, tidak mengalami kenaikan. Tiket ini untuk membiayai pagelaran yang kami suguhkan," kata dia.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013