Hubungan Suriah dengan Iran kuat dan kokoh, juga hubungan dengan negara sahabat lain, termasuk anggota BRIC,"
Damaskus (ANTARA News) - Pemerintah Suriah meraih sejumlah kemenangan penting diplomatik berkat dukungan sekutunya, termasuk Rusia, Iran dan China, kata Perdana Menteri Wael al-Halqi pada Selasa.

"Hubungan Suriah dengan Iran kuat dan kokoh, juga hubungan dengan negara sahabat lain, termasuk anggota BRIC," kata perdana menteri itu mengacu pada Brazil, Rusia, India dan China.

Halqi mengeluarkan pernyataan-pernyataan itu dalam sidang akhir parlemen tahun 2013.

PM Suriah itu tidak menyebut tentang veto-veto Rusia dan China pada resolusi-resolusi Dewan Keamanan PBB yang mengecam pemerintah Suriah.

"Dengan sikap seperti itu, Suriah meraih kemenangan diplomatik dalam periode sebelumnya," kata Halqi.

"Tanpa dukungan itu, keadaan akan berbeda, termasuk tekanan lebih kuat dan agresi terhadap Suriah," katanya.

Ia mengacu pada ancaman serangan militer AS terhadap Suriah sebagai balasan bagi serangan senjata-senjata kimia yang mematikan dekat Damaskus pada Agustus.

Tetapi aksi militer itu tidak perah dilaksanakan setelah AS dan Rusia mencapai satu kesepakatan bersejarah mengenai pemusnahan senjata kimia Suriah yang ditetapkan dalam satu resolusi Dewan Keamanan PBB.

"Keputusan bersejarah dan paling penting adalah keputusan Presiden Suriah Bashar al-Assad untuk melaksanakan Konvensi Senjata Kimia," kata Halqi, dan menambahkan bahwa Suriah telah menghindari "agresi tertentu".

"Dukungan dari negara-negara sahabat di dunia yang dipimpin Rusia,China dan Iran memungkinkan kita mencapai satu perjanjian mengenai pemusnahan (industri) senjata kimia."

Perdana menteri itu mengharapkan bahwa ini akan memungkinkan Suriah memperoleh "kemenangan-kemenangan serupa pada masa depan," termasuk dalam konferensi perdamaian yang menurut rencana akan diselenggarakan di Swiss pada 22 Januari.

Di medan tempur, Halqi mengatakan ia mengharapkan satu "kemenangan penting" bagi pemerintah Presiden Bashar.

Kelompok pemantau Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) Selasa mengatakan lebih dari 130.000 orang tewas dalam konflik yang meletus sejak Maret 2011, demikian AFP.
(H-RN)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014