Jakarta (ANTARA News) - Hujan yang mengguyur sejumlah wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya sejak Sabtu hingga Minggu dini hari mengakibatkan tiga Kelurahan di ibu kota tergenang banjir setinggi 30-40 centimenter.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengatakan tiga kelurahan itu adalah Pondok Labu dan Pondok Pinang, di Jakarta Selatan dan Cipinang Muara, Jakarta Timur.

"Di Pondok Labu, air yang menggenani setinggi 40 centimeter, di Pondok Pinang 40 centimeter, dan Cipinang Muara 30 centimeter, data tersebut hingga Sabtu tengah malam," kata Maruli Tua, Petugas Informasi BPBD saat dihubungi Antara News pada Minggu dini hari.
     
Maruli mengatakan banjir di Pondok Labu dan Pondok Pinang juga karena luapan air dari Kali Pesanggarahan yang melintasi dua kawasan tersebut.
     
Pusat Pengendalian dan Operasional (Pusdalops) BPBD DKI Jakarta memutakhirkan data tinggi air di beberapa pintu air pada Minggu dini hari pukul 01.00 WIB, yakni Katulampa, Bogor 40 centimeter dan memasuki siaga empat, Pesanggrahan 130 centimeter (siaga empat), Angke Hulu 150 centimeter (siaga tiga), Cipinang Hulu 135 centimeter (siaga empat), Pulogadung 360 centimeter (siaga empat).
    
Kemudian pintu air Depok 150 centimeter (siaga empat), pintu air Manggarai 690 centimeter (siaga 4), Waduk Pluit -195 centimeter (siaga 4), Pasar Ikan 160 centimeter (siaga empat), Krukut Hulu 100 centimeter (siaga empat).
   
Pusat Manajamen Lalu Lintas (TMC) Polda Metro Jaya juga melaporkan informasi dari warga mengenai banjir di Pondok Labu, Jakarta Selatan, di mana air sudah menggenangi pemukiman warga setinggi paha orang dewasa.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014