Karawang (ANTARA News) - Ratusan rumah mengalami kerusakan akibat bencana banjir yang melanda berbagai daerah sekitar Kabupaten Karawang, Jawa Barat, selama sekitar sepekan.

Bupati Karawang Ade Swara di Karawang, Kamis, mengatakan sesuai dengan pendataan dan laporan yang disampaikan Dinas Sosial dan Penanggulangan Bencana, ratusan rumah yang rusak itu tersebar di berbagai daerah sekitar Karawang.

Selama sekitar sepekan terakhir, banjir di Karawang telah merendam 43.435 rumah yang dihuni 97.089 kepala keluarga atau 280.360 jiwa.

Dari puluhan ribu rumah yang terendam banjir itu, sebanyak 40 unit rumah di antaranya mengalami rusak berat, dan 187 rusak sedang serta sebanyak 605 unit rumah rusak ringan.

"Sesuai rekapitulasi Dinas Sosial dan Penanggulangan Bencana Karawang, banjir telah melanda 173 desa yang tersebar di 28 kecamatan," katanya.

Untuk infrastruktur yang terkena banjir ialah jalan kabupaten sepanjang 100 kilometer, jalan nasional sepanjang 50 kilometer, serta enam jembatan, 59 masjid, dan 20 sekolah.

Banjir yang melanda Karawang itu akibat tingginya curah hujan di daerah tersebut. Selain itu, juga akibat meluapnya Sungai Citarum, Cibeet dan Sungai Cilamaya serta meluapnya saluran-saluran pembuang dari sungai. (*)

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014