selain merendam ratusan rumah warga, banjir yang terjadi di Kecamatan Jrengik itu juga merendam ratusan hektare lahan pertanian milik warga.
Sampang (ANTARA News) - Banjir merendam empat desa di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Selasa, menyusul hujan deras yang melanda kawasan itu sejak Senin.

Keempat desa di Kecamatan Jrengik terendam banjir itu adalah Taman, Panyepen, Majengan dan Desa Margantoko. Ratusan rumah warga di empat desa itu terencam banjir.

Banjir akibat hujan deras di Kecamatan Jrengik itu juga merendam jalur lalu lintas antara Sampang dengan Kabupaten Bangkalan di Jalan Raya Jrengik. Genangan banjir di jalan raya itu antara 30 cm hingga 1 meter.

Akibatnya, sejumlah kendaraan terlihat mogok saat berupaya menerobos genangan banjir, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

"Banjir yang terjadi di Jrengik sebenarnya sejak tadi malam. Tapi saat itu genangan air masih rendah, tidak seperti sekarang ini," kata warga Desa Jrengik, Penyepen, Muarif.

Selain karena hujan yang sangat deras, banjir yang melanda empat desa itu juga karena Sungai Nyiburan meluap.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Sampang Wisnu Hartono menjelaskan bahwa selain merendam ratusan rumah warga, banjir yang terjadi di Kecamatan Jrengik itu juga merendam ratusan hektare lahan pertanian milik warga.

Tanaman padi milik warga yang baru tanam terendam banjir yang terancam gagal panen, kata dia.

"Tapi kami belum mengetahui secara pasti jumlah korban banjir disana, karena petugas sampai saat ini masih melakukan pendataan," kata Wisnu Hartono menjelaskan.

(KR-ZIZ)

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014