Brasilia (ANTARA News) - Seorang senator Brasil telah menominasikan buronan pembobol intelijen Amerika Serikat Edward Snowden untuk Hadiah Nobel Perdamaian tahun ini, kata kantornya pada Selasa.

Senator Partai Komunis Vanessa Grazziotin mengatakan pembocoran yang dilakukan Snowden telah memberikan kontribusi terhadap perdamaian dunia.

Dalam satu pernyataan, ia mengatakan Snowden, yang saat ini dalam persembunyian di Rusia, membantu berkontribusi bagi terwujudnya "dunia yang lebih stabil dan damai" dan dia mengusulkan namanya kepada komite Nobel.

"Kami yakin bahwa tindakan Snowden, lebih dari pribadi orang-orang lainnya, memberikan kontribusi untuk masa depan yang lebih stabil dan damai," kata Grazziotin.

"Dengan mengekspos, Snowden memulihkan prinsip dasar transparansi demokrasi," kata Grazziotin dalam pernyataannya, yang kutip AFP.

Mantan Menteri Norwegia Baard Vegar Solhjell dan Profesor Sosiologi Swedia Stefan Svallfors dalam beberapa bulan terakhir juga telah mengusulkan Snowden sebagai penerima penghargaan perdamaian untuk usahanya itu.

Brazil, melalui kantor Presiden Dilma Rousseff, berada di garis depan dari negara-negara yang mengkritik pengawasan AS.

Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014