Pattani (ANTARA News) - Seorang biksu Buddha dan tiga warga desa tewas di daerah Mae Lan, Provinsi Pattani dalam serangan senjata Kamis pagi, setelah karyawan bank komersial ditembak dan dibakar sampai mati pada Rabu malam.

Serangan itu terjadi di Kecamatan Mae Lan pada saat penduduk desa memberi sedekah pagi untuk seorang pendeta Buddha dari Wat Pa Suay di satu paviliun di jantung desa.

Lima penyerang, berpakaian seperti petugas keamanan, tiba dengan dua sepeda motor dan menembak ke sekelompok penduduk desa itu.

Biksu dan tiga warga desa tewas seketika, sementara seorang perwira polisi di unit perlindungan-biarawan dan lima warga terluka.

Korban tewas diidentifikasi sebagai biksu Buddha Phanom Kanont, Somjai Khunkliang, seorang anak bernama Thitiwat Khunkliang, dan Jamnien Buddharit, 59 tahun.

Pada Rabu malam, seorang karyawan perempuan di cabang lokal Bangkok Bank ditembak mati dan dibakar di Kabupaten Yaring, Pattani.

Polisi mengatakan korban diidentifikasi sebagai Rassayamon Saelim, seorang karyawan 29 tahun yang bekerja di cabang Nong Chik Bank.

Dia mengendarai sepeda motor sepanjang jalan Pattani-Narathiwat dari bank ke rumahnya di Kabupaten Panare.

Korban ditembak oleh penyerang yang tidak diketahui jumlahnya, yang kemudian menuangkan bensin pada korban dan kemudian membakar tubuhnya.

Sebuah catatan tulisan tangan yang tersisa di tempat kejadian, mengatakan "Untuk pemimpin militer, ini bukan mayat terakhir untuk tiga bersaudara yang dibunuh."

Ia percaya bahwa catatan itu mungkin merujuk pada pembunuhan tiga anak laki-laki di Narathiwat pada 3 Februari.

Pihak yang berwenang mengatakan, penembakan itu dilakukan oleh kelompok pemberontak, sementara pemberontak menyalahkan otoritas Thailand atas pembunuhan tiga anak laki-laki tersebut, demikian laporan TNA.

(H-AK)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014