Jakarta (ANTARA News) - Facebook menambahkan pilihan identitas gender baru bagi para penggunanya selain laki-laki dan perempuan.

Pengguna situs Facebook Inggris-Amerika Serikat kini dapat memilih "Other" pada menu settings dan memilih sekitar 50 gender alternatif yang akan ditampilkan pada profil mereka.

Di antara pilihan tersebut antara lain ada cisgender, transgender, intersex, androgynous, bi-gender dan gender fluid.

Jejaring sosial tersebut juga memungkinkan para penggunanya untuk memilih kata ganti yang lebih mereka sukai, seperti he/his,she/her atau they/their sehingga teman-teman mereka akan menerima pesan dalam bentuk yang lebih mereka sukai.

Sebagai bagian dari langkah ini, Facebook memungkinkan penggunanya untuk memilih siapa yang dapat melihat keterangan gender mereka dan siapa yang tidak.

"Kami ingin Anda merasa penggunanya merasa nyaman menjadi diri sendiri, diri yang sebenarnya. Bagian penting dari ini adalah tentang ekspresi gender, terutama ketika melampaui definisi hanya 'laki-laki' atau 'perempuan'," kata jejaring sosial itu di halaman Facebook Diversity.

Untuk merayakan hal itu, Facebook telah menempatkan bendera pelangi di sepanjang jalan di kantor pusatnya di California.

Presiden kelompok kesetaraan LGBT GLAAD Sarah Kate Ellis memuji langkah jejaring sosial tersebut.

"Fitur baru ini merupakan langkah maju dalam pengakuan bagi orang-orang transgender dan memungkinkan mereka untuk menceritakan kisah otentik mereka dalam kata-kata mereka sendiri," katanya seperti dilansir laman DigitalSpy, Kamis 913/2).

Facebook menyatakan berencana menghadirkan fitur itu secara internasional pada masa mendatang.

"Kami melihat ini sebagai cara untuk menjadikan Facebook satu tempat dimana orang bisa mengekspresikan identitas otentik mereka. Sekarang ini hanya tersedia bagi orang-orang di Amerika sekarang, kami berharap memperluasnya pada masa mendatang."

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014