Sentani (ANTARA News) - Organisasi konservasi World Wildlife Fund (WWF) Indonesia Region Sahul Papua mencanangkan program Newtrees untuk mendukung upaya pengurangan emisi karbon melalui rehabilitasi hutan.

Restoration Coordinator WWF Indonesia Dudi Rufendi mengatakan program Newtrees ditujukan untuk merehabilitasi hutan dan lahan secara terpadu dan terencana dengan melibatkan instansi pemerintah, swasta dan masyarakat.

"Program ini juga memberikan kesempatan kepada perusahaan dan lembaga untuk membantu menyelamatkan planet Bumi melalui program penghijauan pada kawasan lindung," katanya kepada Antara di Sentani, Kamis.

Menurut dia, setiap pohon yang ditanam dalam program itu secara individual diberi tanda geotags berisi informasi koordinat lintang dan bujur dan bisa dipantau perkembangannya secara periodik oleh peserta program.

Koordinator WWF Indonesia Region Sahul Papua yang lain, Rocky Aloysius, menambahkan penanaman kembali pohon akan mengembalikan fungsi hutan sebagai daerah resapan air, zona penyangga, dan menurunkan emisi karbon.

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014