Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana mengubah konsep Pasar Blok G Tanah Abang, Jakarta Pusat, menjadi pasar tematik.

"Supaya Pasar Blok G lebih ramai pengunjung, kita mau ubah konsepnya jadi pasar tematik. Rencananya, pasar itu akan menjadi pasar khusus yang menampung para tukang sablon," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis.

Menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, tukang sablon yang akan ditempatkan di pasar tersebut merupakan para penyablon yang sebelumnya berjualan di kawasan Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Selama ini, sambung dia, Pasar Blok G sepi pengunjung karena barang-barang yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan yang ada di Pasar Blok A Tanah Abang.

"Akibatnya, sebagian konsumen, apalagi yang sudah menjadi pelanggan setia, lebih memilih untuk berbelanja di Blok A. Oleh karena itu, Blok G harus dibuat berbeda," ujar Ahok.

Sebelum diwujudkan, dia menuturkan rencana tersebut masih akan dibicarakan lebih lanjut bersama PD Pasar Jaya. Kendati demikian, dia mengaku optimis konsep baru itu akan membuat Blok G lebih ramai.

Dia mengungkapkan, saat ini berbagai upaya tengah dilakukan oleh Pemprov DKI terhadap pasar tersebut, yaitu mulai membangun eskalator dan jembatan penghubung antara Blok A, Blok B dan Blok F menuju Blok G.

Selain fasilitas tersebut, tambah dia, pihaknya juga tengah mencoba menjajaki kerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) terkait pembangunan akses langsung dari Stasiun Tanah Abang menuju Blok G.

(R027/Z002)

Pewarta: Cornea K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014