Jakarta (ANTARA News) - Fujitsu baru-baru ini meluncurkan PRIMEQUEST 2000, server high-end terbaru yang menawarkan performa komputasi x86 dan memori ekstra besar hingga 12TB.

Fujitsu Indonesia mengatakan, PRIMEQUEST 2000 mampu mendukung tugas-tugas kritikal terlebih karena fungsionalitasnya didukung dengan availability sistem yang tinggi, setara UNIX, namun dengan biaya rendah khas arsitektur berbasis x86.

Lini Fujitsu PRIMEQUEST terbaru terdiri dari berbagai jenis server 8-langkah dengan kapasitas memori ekstra besar, seperti model PRIMEQUEST 2800B yang didesain untuk mengelola aplikasi-aplikasi membutuhkan memori secara lebih intensif.

Selain seri 2000, tersedia juga PRIMEQUEST 2800E yang mampu menghasilkan performa terunggul berkelas delapan prosesor yang beroperasi pada Windows dengan benchmark aplikasi berstandar SAP Sales and Distribution (SD) bertingkat dua.

Fujitsu menawarkan pula layanan siap-guna bagi pelanggan enterprise untuk mendukung kelancaran proses migrasi dari sistem terdahulu yang dijamin bebas masalah, berkat dukungan jaringan Fujitsu Global Delivery Center yang memungkinkan kelola jarak jauh.

Kemudian PRIMEQUEST 2400E yang juga menampilkan berbagai macam fitur pionir dalam industri, seperti Dynamic Reconfiguration yang mendukung dilakukannya penggantian papan-papan sistems ecara online serta memungkinkan dilakukannya partisi ulang saat sistem sedang berjalan.

Hal tersebut diharapkan mampu mengurangi terjadinya downtime dan menghindarkan sistem melakukan restart, kata Fujitsu.

Presiden Direktur Fujitsu Indonesia Achmad S Sofwan mengatakan,“Pasar komputasi server tengah melewati masa-masa revolusioner. Solusi infrastruktur terbaru kami, PRIMEQUEST kini telah menjadi sebuah pilihan baru bagi enterprise dalam hal platform untuk mengoperasikan beragam aplikasi yang menunjang dalam menuntaskan tugas-tugas kritikal, serta menyediakan building block dalam pengintegrasian beragam teknologi yang berpotensi menimbulkan gangguan, seperti komputasi in-memory."

PRIMEQUEST, kata Sofwan, mampu memenuhi segala kebutuhan yang sebelumnya tidak pernah dapat dipenuhi oleh teknologi terdahulu yang menaungi pusat-pusat data, seperti beragam kebutuhan untuk memori dan uptime untuk menuntaskan tugas-tugas kritikal yang meningkat tajam.

Sementara Shannon Poulin, Vice President of Marketing for Intel’s Data Center Group, mengatakan, “Melalui peluncuran seri Fujitsu PRIMEQUEST terbaru yang diperkuat dengan Intel Xeon processor E7 v2, kami yakin pelanggan Fujitsu akan disuguhi dengan solusi unik guna menyelesaikan tugas-tugas kritikal yang membutuhkan dukungan data."

Jim Totton, Vice President and General Manager Platform Business Unit Red Hat Inc menamahkan,“Sejak PRIMEQUEST pertama kali dikenalkan di tahun 2005, Red Hat dan Fujitsu tak hentinya berkolaborasi dalam menampilkan fitur-fitur enterprise di Red Hat Enterprise Linux guna menghadirkan sebuah platform yang andal dan fleksibel yang diperlukan dalam pengoperasian dan perawatan lingkungan operasi untuk menuntaskan tugas-tugas kritikal."

Seri FUJITSU PRIMEQUEST 2000 terbaru saat ini baru tersedia di kawasan Eropa. Pada saat peluncuran, Fujitsu menawarkan tiga model PRIMEQUEST sekaligus.

Harga ditentukan oleh masing-masing wilayah berikut spesifitkasinya. PRIMEQUEST dijual secara langsung melalui mitra-mitra penjualan Fujitsu Select Circle di seluruh dunia.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014