Saya tidak ingin untuk melompat ke kesimpulan tentang apakah data akan tetap lemah atau apakah sebenarnya musim dingin yang parah di banyak bagian negara itu adalah penyebabnya."
Washington (ANTARA News) - Ketua Federal Reserve Janet Yellen, Kamis, mengatakan bahwa badai musim dingin yang hebat dalam dua bulan terakhir telah menjadi salah satu penyebab pelemahan data ekonomi AS baru-baru ini.

"Kami telah melihat sedikit data lemah selama satu bulan terakhir atau enam minggu," dia mengatakan kepada panel Senat , mengutip angka lemah di sektor perumahan, penjualan ritel, penciptaan lapangan kerja dan produksi industri, lapor AFP.

"Sudah jelas bahwa cuaca dingin telah memainkan beberapa peran dalam data," katanya.

Tetapi Yellen mendadak berhenti untuk mengatakan apakah Fed akan memutuskan untuk menghentikan proses pemotongan program stimulusnya yang telah berlangsung dua bulan, sekarang menjadi 65 miliar dolar AS dalam pembelian obligasi.

Dia mengatakan masih "sulit untuk membedakan" apa sebenarnya yang ada di balik data lemah tersebut.

"Saya tidak ingin untuk melompat ke kesimpulan tentang apakah data akan tetap lemah atau apakah sebenarnya musim dingin yang parah di banyak bagian negara itu adalah penyebabnya," kata dia.

Tetapi jika ada perubahan yang signifikan dalam prospek ekonomi dari apa yang Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) uraikan dalam beberapa bulan terakhir, kata dia, rencana untuk mengurangi program pembelian obligasi dapat dipertimbangkan kembali.


Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014