Kuala Lumpur (ANTARA News) - Jutawan Robert Kuok masih menjadi orang terkaya di Malaysia versi majalah Forbes, posisi puncak yang didudukinya dalam daftar itu selama sembilan kali berturut-turut sejak Forbes mulai memublikasikan daftar orang terkaya Malaysia pada 2006.

Kekayaan Kuok mencapai 11,5 miliar dolar AS (Rp133,6 triliun), atau berkurang 1 miliar dolar AS dibanding tahun sebelumnya, demikian dilaporkan Bernama di Kuala Lumpur, Jumat.

Jutawan berusia 90 tahun itu membangun kerajaan bisnis yang meliputi sektor kelapa sawit, perkapalan, media, hotel dan properti.

Posisi kedua dalam daftar tersebut diduduki oleh Ananda Krishnan dengan aset senilai 11,3 miliar dolar AS (Rp131 triliun), turun dibanding aset tahun sebelumnya yang mencapai 11,7 miliar dolar AS (Rp136 trilun).

Tokoh perniagaan berusia 75 tahun itu memiliki bisnis seperti perusahaan telekomunikasi, stasiun televisi berbayar, dan perusahaan energi.

Posisi ketiga orang terkaya di Malaysia diduduki oleh Lim Kok Thay yang mengurus Genting Group yang dilengkapi resor dan kasino di Bahamas, London, Singapura, Malaysia, Manila dan New York.

Selanjutnya diikuti oleh Quek Leng Chan dengan kekayaan 6,4 miliar dolar AS, Teh Hong Piow, Lee Shin Cheng, Syed Mokhtar Albukhary, Yeoh Tiong Lay, Tiong Hiew King dan Vincent Tan.

Jumlah minimum aset untuk layak masuk dalam daftar orang terkaya ialah 220 juta dolar AS, naik dibanding jumlah minimum sebelumnya pada 145 juta dolar AS.

Pewarta: N. Aulia Badar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014