Seoul (ANTARA News) - Duo pop Korea Selatan TVXQ telah meraup lima penghargaan di Japan Gold Disk Award 2014, termasuk artis terbaik Asia, kata lembaga manajemen duo itu Jumat.

Empat penghargaan lainnya adalah mereka memenangkan Pop Album of The Year, Best 3 Albums, Song of the Year dan Best Music Video, kata SM Entertainment dalam sebuah rilis.

Girls Generation, grup K-pop yang juga satu manajemen, memiliki dua album yang - album full-length kedua dan ketiga - dalam daftar Best 3 Albums.

Didirikan pada tahun 1987, Japan Gold Disk Award merupakan acara penghargaan musik utama yang diadakan setiap tahun di Jepang oleh asosiasi industri rekaman negara itu untuk menghormati artis dan album yang telah memberikan kontribusi terbesar terhadap perkembangan industri.

Pemenang dipilih berdasarkan penjualan musik selama satu tahun terakhir.

Tahun lalu, TVXQ menggelar tur lima kubah di Jepang untuk pertama kalinya sebagai penyanyi asing, menghimpun 850.000 penonton secara keseluruhan.

Duo ini duduk di atas tangga lagu mingguan Oricon Singles Chart selama 12 pekan, sebuah rekor untuk penyanyi asing di Jepang .

Band ini merilis album kompilasi dari album full-length ketujuh mereka pada Kamis, dan ditetapkan untuk melanjutkan kegiatan pada program televisi lokal dalam rangka mengemas album title piece "Spellbound" pada Jumat, 27 Februari.
(AK)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014