Karawang (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang, Jawa Barat, menemukan lebih dari 5.000 surat suara yang diterima mengalami kerusakan setelah dilakukan penyortiran.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Subang Maman Suparman, Selasa, mengatakan, dari hasil penyortiran dan pelipatan kertas suara di lima tempat, ditemukan 5.890 surat suara yang rusak.

Kerusakan pada surat suara tersebut terdapat tetesan tinta, dan gambar yang tidak jelas. Selain itu, ada juga surat suara yang sobek dan bolong.

"Dari hasil evaluasi ditemukan 5.890 dari 324.310 surat suara yang disortir ditemukan rusak," katanya.

Dikatakannya, dalam melakukan penyortiran surat suara Pemilihan Umum Legislatif 2014, KPU Subang melibatkan sekitar 800 orang.

Ratusan juru lipat suara tersebut disebar ke empat lokasi penyimpanan logistik seperti di gudang KPU Subang lama, aula PKPRI, aula kantor KPU baru dan di sebuah lapangan futsal Alfour yang sengaja disewa KPU Subang.

Divisi Logistik KPU Subang, Cece Rahman mengatakan, surat suara untuk caleg DPR RI yang diterima sebanyak 1.174.566 lembar, kertas suara DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil IX Subang-Majalengka-Sumedang tercatat 1.167.975 lembar.

Sedangkan surat suara Pemilu Legislatif DPRD Subang sebanyak 1.174.975 lembar, dan surat suara DPD sampai saat ini belum diterima.

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014