Kediri (ANTARA News) - Sekitar 100 kiai di Jawa Timur berkumpul dan membuat maklumat untuk mendukung Ketua Umum DPP PPP Suryadharma Ali menjadi calon presiden dalam Pemilu 2014.

Ketua Umum DPP PPP Suryadharma Ali mengaku sangat terharu dengan dukungan itu. Ia tidak menduga sama sekali para kiai itu akan memintanya maju menjadi calon Presiden.

"Permintaan semacam ini sudah sangat banyak, dan terus terang itu membuat saya berpikir ulang untuk bisa mencalonkan diri menjadi calon presiden," katanya ditemui dalam acara pemberian maklumat dukungan para kiai di PP Lirboyo Kediri, Jawa Timur, Rabu.

Ia mengatakan dengan dukungan itu akan maju menjadi calon presiden, mengingat dukungan itu merupakan amanat, sebuah kepercayaan serta tugas.

Pihaknya juga mengatakan untuk masuk dalam bursa calon presiden, sejumlah ketentuan harus dipenuhi, di antaranya adalah masalah suara, termasuk nantinya apakah harus koalisi atau tidak. Sesuai dengan aturan, untuk maju partai politik setidaknya mempunyai 20 persen kursi.

"Untuk itu, langkah pertama adalah menekankan pada pemilu legislatif pada April nanti, saya meminta agar menyukseskan dan siap menangkan," tuturnya.

Dalam Pemilu Legislatif 2014, pihaknya menargetkan bisa mendapatkan suara sampai 12 persen untuk kursi DPR RI. Hal itu sebagai bekal dan dasar PPP siap maju bertarung dalam Pemilu Legislatif 2014.

Pihaknya berharap, maklumat yang dilakukan para kiai di Jatim ini juga bisa dilakukan di daerah lain, seluruh Tanah Air. Sebab, sejumlah kiai yang hadir dalam acara ini termasuk kiai senior yang mempunyai santri yang tersebar di seluruh negeri.

Ia juga terus melakukan komunikasi dengan partai manapun, khususnya partai Islam. Ia optimistis akan bisa komunikasi dengan baik, mengingat hubungan pribadi dan politik antarsesama partai Islam baik.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Assayidiyah Kediri KH Anwar Iskandar yang hadir dalam acara itu mengatakan pertemuan yang berlangsung di PP Lirboyo ini dilakukan karena kesepakatan para kiai.

Mereka mendukung Ketua Umum DPP PPP Suryadharma Ali karena yang bersangkutan mempunyai pengalaman yang cukup baik di pemerintahan maupun politik, mempunyai latar belakang religius, serta sejumlah pengalaman lainnya.

Untuk saat ini, ada sekitar 100 orang kiai, dan ke depannya akan terus menyebar.

"Ini kesepakatan para kiai di Jatim, beliau disukai. Kami berharap maklumat jalan terus," ucapnya.

Dalam acara maklumat pendukungan calon Presiden itu, dihadiri sejumlah kiai seperti tuan rumah PP Lirboyo Kediri KH Idris Marzuki, KH Ahmad Subadar (Pasuruan Jatim), KH Nurul Huda Djazuli (PP Ploso Kediri), KH Anwar Mansur (PP Lirboyo Kediri), KH Ali Masadi (Mojosari), dan beberapa kiai senior lainnya.

(KR-FQH/C004)

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014