Tidak ada masalah angkutan ke kawasan itu karena kami juga juga melakukan pertemuan dengan para operator penerbangan."
Jakarta (ANTARA News) - Provinsi Papua telah siap menjadi tuan rumah PON 2020 setelah mengantongi 40 suara dukungan dari KONI se-Indonesia dan sejumlah cabang olahraga.

Sekretaris KONI Papua Yusuf Yambeyabdi di sela-sela rapat KONI se-Indonesia di Jakarta, Senin, mengatakan, saat ini KONI dan cabang yang siap mendukung Papua sebagai tuan rumah sudah 40-an sehingga Papua dipastikan masuk tiga besar dalam bursa pencalonan.

Menurut dia, pada prinsipnya seluruh masyarakat di Papua mendukung Papua menjadi tuan rumah pada PON 2020. Karena itu, dalam rapat kerja KONI se-Indonesia yang berlangsung di Jakarta, pihaknya akan terus menyakinkan kesiapan Papua sebagai tuan rumah.

Menurutnya, bila Papua menjadi tuan rumah maka pelaksanaan pertandingan PON akan dilaksanakan di beberapa kota selain Jayapura yakni Merauke, Biak, Timika dan Wamena.

"Tidak ada masalah angkutan ke kawasan itu karena kami juga juga melakukan pertemuan dengan para operator penerbangan," tambah Yusuf yang juga menjabat Kepala Dinas Perhubungan Papua.

Selain Papua, beberapa provinsi lainnya juga mencalonkan diri sebagai tuan rumah, seperti Aceh, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Bali dan Sulawesi Selatan.

Pengumuman calon-calon tuan rumah PON 2020 akan diumumkan pada Selasa malam (11/3). (E006/D011)

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014