Palu (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan meresmikan terminal baru Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Sulawesi Tengah, bersama sejumlah bandara lainya di Indonesia akhir Maret 2014.

"Peresmiannya disatukan di Tual, Maluku, pada 27 Maret oleh pak Presiden," kata Kepala Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu Benyamin Apituley, di sela-sela syukuran perubahan nama bandara Palu di kediaman Habib Saggaf Aljufri, di Palu, Senin malam.

Benyamin mengatakan setelah bandara tersebut diresmikan Presiden, selanjutnya akan diresmikan penggunaannya bertepatan dengan hari ulang tahun provinsi Sulawesi Tengah ke 50 tahun, 13 April 2014.

Dia mengatakan saat ini pembangunan terminal Bandara Mutiara Sis Aljufri masih terus berlanjut namun sebagian besar khususnya gedung terminal sudah selesai.

"Sekarang dalam proses pengerjaan itu tinggal apron (tempat parkir). Ada ketambahan beberapa meter lagi," katanya.

Dia mengatakan penambahan apron tersebut seluas sekitar 80 meter x 80 meter. Selain itu juga pembangunan garbarata (jalan penghubung antara pesawat dan penumpang di ruang tunggu) sebanyak tiga unit.

Benyamin mengatakan jika apron sudah selesai maka empat pesawat tipe Boeing sudah bisa parkir sekaligus di depan terminal.

"Selain itu masih ada tambahan lagi sedikit untuk kargo," katanya.

Terminal tersebut kata Benyamin akan terus berlangsung karena dianggarkan tahun jamak.

Pewarta: Adha Nadjemuddin
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014