Canberra (ANTARA News) - Kapten Allison Norris selaku komandan kapal HMAS Success sangat ideal untuk melacak pesawat Malaysia Airlines MH370 yang dinyatakan hilang sejak 8 Maret 2014 karena memiliki daya jelajah ke laut luas.

Berbicara kepada wartawan News Corp Australia melalui telepon satelit dari sekitar 1.200 kilometer di barat daya kota Perth, Norris mengatakan, kapal berawak 220 pelaut terlatih yang kuat dan siap untuk tantangan apapun.

HMAS
Success, yang tercatat sebagai kapal perang terbesar kedua di armada laut Australia, ditugasi menuju area pencarian MH370 dengan kecepatan terbaik sejak Sabtu (23/3).

Namun demikian, Kapten Norris mengungkapkan kondisi cuaca dan pencarian memburuk selama akhir pekan dan ketinggian air laut antara tiga hingga empat meter dan angin keras di Samudera Hindia bagian selatan. Apalagi, badai Gillian sempat melanda kawasan tersebut.

"Itu tidak menghambat kemampuan kita untuk mencari," katanya.

Komandan HMAS Success sejak Desember 2012 itu mengatakan, jika kapal menemukan puing-puing dari pesawat yang hilang, maka awak kapalnya akan berusaha untuk mengambilnya dengan menggunakan perahu karet kapal dan mungkin dereknya.

"Pengintai tambahan akan dikerahkan, dan kami dalam waktu singkat awak kami harus mencari hingga mendapatkan benda apapun terkait pesawat yang hilang," ujar pelaut spesialis peperangan yang bergabung di angkatan laut Australia sejak 1987 itu menambahkan. (*)

Pewarta: Priyambodo RH
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014