The Three Lions menempati posisi puncak Grup H Eropa untuk mencapai Piala Dunia FIFA 2014, setelah mengamankan kemenangan pertandingan terakhir melawan Polandia, menyingkirkan kesialan empat dekade sebelumnya ketika imbang menghadapi lawan yang sama dan tak lolos ke turnamen 1974.

Jalan menuju Brasil 2014 tidak semulus kampanye Inggris mencapai Afrika Selatan, dimana mereka memenangi sembilan dari sepuluh pertandingan dalam perjalanan ke putaran final 2010 lalu.

Meskipun Roy Hodgson memandu timnya menuju kampanye tak terkalahkan, kualifikasi otomatis menyelamatkan Inggris hingga pertandingan terakhir di Wembley.

Dua kali seri melawan rival terdekat Ukraina, serta kebuntuan di Warsawa dan Podogorica, membuat pendukung Inggris dalam keraguan sampai kapten Steven Gerrard mencetak gol terlambat dalam pertandingan kandang melawan Polandia untuk menggandakan keunggulan Inggris dan mengamankan tempat ke Brasil.

Catatan Piala Dunia

Inggris telah tampil dalam 13 edisi Piala Dunia FIFA, termasuk tujuh kali dalam delapan besar. Mereka berada di bawah-par di Afrika Selatan 2010, nyaris lolos dari grup dengan kemenangan di pertandingan terakhir melawan Slovenia, sebelum kemudian kalah dari tim asuhan Joachim Low, Jerman, 4-1 di panggung 16 besar.

Three Lions pernah menjuarai Piala Dunia FIFA sekali, pada 1966 ketika mereka menjadi tuan rumah, tapi sejak itu harus terlempar di awal. Sir Bobby Robson datang dengan nyaris menyamai pencapaian "Wingless Wonders" Sir Alf Ramsey, membimbing Inggris ke semifinal di Italia 1990, meski hanya untuk tersingkir melalui adu penalti lawan Jerman.

Pemain kunci

Wayne Rooney tetap bakat terbesar Inggris dan tujuh gol dalam enam laga kualifikasi Piala Dunia menggaribawahi pentingnya ia untuk kubu Roy Hodgson. Di lini tengah, Gerrard dan Frank Lampard memberikan pengalaman dan kreativitasnya, sementara penembak muda Jack Wilshere, Alex Oxlade-Chamberlain, dan Andros Townsend menjadi daya serang Three Lions.

Danny Welbeck dengan kualitasnya, mencetak empat gol dalam perjalanan Inggris menuju putaran final, sedangkan Daniel Sturridge sebagai pemain depan top Liga Primer Inggris hanya sebagai opsi peluru serangan Roy Hodgson menuju Brasil.

Pelatih: Roy Hodgson

Peringkat FIFA: 12

Prestasi terbaik kompetisi FIFA: Piala Dunia FIFA Inggris 1966 (juara).

Mantan bintang: Sir Bobby Charlton, Peter Shilton, Gary Lineker.

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014