Tidak terlalu banyak pemain muda, lebih ke campuran antara pemain senior dan pemain muda. Anda butuh pemain berpengalaman untuk bisa sukses
Madrid (ANTARA News)- Pelatih Spanyol, Vicente del Bosque, berkata timnya mengalami kemajuan dari hanya sekedar gaya permainan Tiki-taka yang mengandalkan aliran bola-bola cepat  dengan operan-operan pendek. Ini untuk merespons perhelatan akbar Piala Dunia 2014.

Gaya permainan yang memakai umpan-umpan pendek dan cepat ini telah membawa Spanyol menjadi timnas pertama yag memenangkan tiga turnamen utama berturut-turut (Euro 2008, Piala Dunia 2010, dan Euro 2012). Mereka juga difavoritkan untuk mempertahankan juara Piala Dunia tahun ini.

Del Bosque mengatakan gaya permainan timnya sudah berkembang, sebagaimana dikutip dari ESPN.

"Melepaskan umpan merupakan hal penting dalam sepak bola,"ujarnya. " Hanya saja sepakbola tidak hanya mengenai umpan pendek. Umpan panjang juga penting".

Pelatih berusia 63 tahun ini juga sedang pusing menentukkan susunan pemain untuk skuadnya. Saat menang lawan Italia awal bulan ini, Juan Mata, David Villa, dan Arvalo Arbeloa tidak masuk ke dalam skuad.

"Jika saya memanggil mereka (Mata, Villa, dan Arbeloa), saya akan melewatkan pemain yang lain," ujarnya. Ia juga memilih opsi untuk memanggil pemain timnas U-21. Ia memastikan juga telah memanggil Koke, gelandang Atletico Madrid.

"Kami memiliki fondasi pemaian yang baik. Tidak terlalu banyak pemain muda, lebih ke campuran antara pemain senior dan pemain muda. Anda butuh pemain berpengalaman untuk bisa sukses," kata mantan pelatih Real Madrid ini.

Del Bosque juga menjawab pertanyaan dari sebuah majalah Jerman tentang pemain Jerman mana yang ingin diajak masuk ke timnya.

"Sejujurnya, saya menyukai Toni Kroos. Ia pemain yang luar biasa. Lalu masih ada (Thomas) Mueller, (Philipp) Lahm dan (Bastian) Schweinsteiger. Namun seperti yang anda tahu, kami (timnas Spanyol) juga punya banyak pemain luar biasa," jawabnya.

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014