Astana (ANTARA News) - Perdana Menteri Kazakhstan Serik Akhmetov dan seluruh jajaran kabinetnya mengundurkan diri pada Rabu, kata pihak berwenang di negara Asia Tengah tersebut.

Akhmetov dalam sidang kabinet menyatakan undur dirinya disetujui Presiden Nursultan Nazarbayev, kata pemerintahan negara penghasil minyak tersebut.

Tidak ada alasan yang diberikan oleh Akhmetov terkait pengunduran dirinya yang mendadak itu namun Presiden Nazarbayev memiliki kekuasaan yang luas untuk mengubah perdana menteri sesuai kehendaknya.

Staf medianya mengatakan di akun jejaring sosial Twitter bahwa pemimpin Kazakh itu telah mengusulkan mantan Perdana Menteri Karim Masimov untuk kembali menjabat.

"Menurut konstitusi, pemberhentian perdana menteri diikuti oleh pengunduran diri seluruh jajaran pemerintahan," kata layanan media pemerintah dalam sebuah pernyataan di lamannya.

Akhmetov, 55 tahun, bekerja di industri logam sebelum menjadi wakil walikota dari Astana, ibukota Kazakhstan.

Ia menjabat di berbagai jabatan pemerintahan dan diangkat menjadi perdana menteri pada September 2012, menggantikan Masimov, yang menjabat lima tahun sebelumnya, demikian AFP.

(G003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014