Demokrat dapat memainkan peran signifikan karena Demokrat adalah partai yang paling berpengalaman dalam mengelola koalisi"
Jakarta (ANTARA News) - Peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat Anies Baswedan mengatakan meskipun hasil hitung cepat Pemilu Legislatif 2014 dari berbagai lembaga survei menempatkan PDIP pada urutan pertama, Partai Demokrat tetap harus optimistis.

"Situasi ini memaksa semua partai harus berkoalisi untuk bisa memajukan calon presiden," kata Anies melalui pesan elektronik yang diterima di Jakarta, Rabu.

Anies optimistis Demokrat dapat memainkan peran signifikan karena Demokrat adalah partai yang paling berpengalaman dalam mengelola koalisi.

"Kedua, Partai Demokrat adalah satu-satunya partai yang tidak terkunci dengan calon presidennya, karena hingga saat ini konvensi masih berlangsung, dan calon presiden belum ditetapkan," kata Anies.

Ketiga dan yang paling penting, menurut Anies, dengan konvensi, Partai Demokrat punya banyak stok bakal capres yang bisa ditawarkan.

"Apalagi bila bicara realitas di masyarakat yang menuntut kebaruan, rasanya berat kalau wajah lama harus berhadapan dengan tokoh baru," ujar Anies.

Anies menyatakan secara umum suara tersebar di partai menengah seperti PKB (9,3 persen), PAN (7,3 persen), Nasdem, PKS, PPP, dan Hanura.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014