Jakarta (ANTARA News) - Timnas Indonesia U-19 yang dipersiapkan untuk Piala AFC 2014 menelan kekalahan pertama setelah menyerah dari tuan rumah Oman pada pertandingan ujicoba di Stadion Sultan Qaboos, Muscat, Oman, Rabu.

Selama menjalani masa persiapan di Tanah Air, anak asuh Indra Sjafri ini meraih hasil positif. Dari 13 pertandingan ujicoba yang dijalani, 10 pertandingan diantaranya diakhiri dengan sebuah kemenangan dan sisanya seri.

Berdasarkan data dari tim media PSSI, Timnas Indonesia U-19 menyerah dengan skor 1-2. Gol kemenangan Oman dicetak oleh Hasan Alsadi menit 20 dan Marwan Aisadi menit 76. Sedangkan gol Indonesia dicetak Ilham Udin Armaiyn pada menit 26.

Tim Garuda Jaya yang turun dengan kekuatan penuh sebenarnya bermain cukup atraktif sejak awal pertandingan. Begitu juga dengan Timnas U-19 Oman. Kedua tim saling menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Tuan rumah Oman ternyata lebih beruntung. Pada menit 20 Hasan Alsadi mampu membawa timnya unggul 1-0. Sang kapten ini mampu memaksimalkan umpan dari tendangan penjuru dan gol tersebut mampu membangkitkan semangat.

Permainan apik dari Oman langsung direspon dengan cepat Timnas Garuda Jaya. Pemain lincah Ilham Udin Armaiyn mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit 26. Kondisi sama kuat ini berlangsung hingga babak pertama usai.

Tak ingin tertahan di laga ujicoba internasional setelah Tur Nusantara, Timnas Garuda Jaya bermain lebih ketat diawal babak kedua. Permainan khas terus diperagakan oleh Muhammad Hargianto dan kawan-kawan.

Hasilnya anak asuh Indra Sjafri ini mendapatkan tendangan pinalti setelah pemain Oman melakukan handball di kotak terlarang pada menit 67. Namun, hadiah pinalti ini gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Evan Dimas setelah tendangannya ditepis kiper lawan.

Gagalnya tendangan pinalti oleh kapten Timnas Indonesia U-19 sedikit banyak mempengaruhi perfoma pemain. Terbukti timnas kebali kebobolan setelah Marwan Aisadi mampu memperdayai kiper Ravi Murdianto pada menit 7-6.

Tertinggal 1-2, Timnas Garuda Jaya berusaha menyamakan kedudukan. Serangan dengan cepat dan terkoordinasi terus dilakukan. Hanya saja hingga peluit tanda pentandingan usai ditiup wasit, kedudukan tetap sama yaitu kemenangan untuk tuan rumah Oman.

Meski kalah dipertandingan pertama, Evan Dimas dan kawan-kawan masih punya peluang untuk membalaskan karena akan kembali melawan Oman di tempat yang sama Jumat (11/4).

Setelah kembali melawan Oman pada rangkaian Tur Timur Tengah, Timnas Indonesia U-19 akan langsung menghadapi Timnas Uni Emirat Arab pada 14 dan 16 April. Rangkaian tur ini ditutup dengan menghadapi klub Al-Shahab, 19 April nanti. 

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014