Hari ini adalah hari yang sangat menyedihkan buat saya
Ottawa (ANTARA News) - Jim Flaherty, yang pada Maret meletakkan jabatan sebagai menteri kuangan yang paling lama menjabat dan bertugas selama masa ekonomi paling menantang di Kanada, meninggal secara mendadak, Kamis (10/4), dalam usia 64 tahun.

"Hari ini adalah hari yang sangat menyedihkan buat saya," kata Perdana Menteri Kanada Stephen Harper kepada kaukus federalnya, Kamis sore, mengenai meninggalnya Flaherty, yang menjadi satu-satunya menteri keuangannya dari 2006 sampai 18 Maret.

Bendera Menara Perdamaian di Parlement Hill dikibarkan setengah untuk menghormati Flaherty, dan dalam apa yang dipercaya sebagai tindakan yang tak pernah terjadi sebelumnya, rapat Majelis ditangguhkan sampai Jumat pagi, kata Xinhua, Jumat siang.

Flaherty, mantan menteri keuangan di Provinsi Terbesar Kanada, Ontario, menjadi menteri keuangan federal pertama untuk berusaha menciptakan pengatur bursa nasional, kendati tak tercapai selama masa jabatannya. Ketiadaan lembaga itu membuat Kanada jadi sendirian di kalangan sejumlah negara Organisasi bagi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan tanpa regulator nasional.

Kesehatan Flaherty menjadi masalah selama satu tahun belakangan, setelah ia mengungkapkan pada awal 2013 bahwa ia menderita sakit kulit autimun yang langka dan menyakitkan, bullous pemphigoid, meskipun pada Maret ia mengatakan itu "sama sekali tak berkaitan" dengan keputusannya untuk meninggalkan jabatannya sebagai menteri keuangan.

(C003)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014