London (ANTARA News)  - Everton berpeluang lolos ke Liga Champions setelah pada Sabtu menang 1-0 atas klub juru kunci Sunderland, sehingga membuat mereka melompati Arsenal untuk menduduki peringkat keempat di Liga Utama Inggris.

Gol bunuh diri Wes Brown membuat Everton mencatatkan kemenangan beruntun ketujuh di Liga Utama Inggris, yang membuat mereka unggul dua angka atas Arsenal dengan lima pertandingan tersisa.

Pada pertarungan lainnya, tiga tim yang berada di zona merah meraih kemenangan di mana Fulham, Cardiff City, dan Crystal Palace mendulang nilai-nilai berharga, sedangkan West Bromwich Albion bermain imbang 3-3 dengan Tottenham Hotspur setelah sempat unggul 3-0.

Pada pertandingan Everton melawan Sunderland, satu-satunya gol di Stadium of Light tercipta pada menit ke-75 ketika bek Sunderland Brown berupaya menguasai bola dengan dadanya untuk mengantisipasi umpan silang, namun bola justru menuju gawangnya sendiri.

Everton mengoleksi 66 angka, unggul dua angka atas Arsenal yang menang adu penalti atas Wigan Athletic di semifinal Piala FA di Wembley pada Sabtu.

"Ini benar-benar memuaskan karena kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sulit," kata pelatih Everton Roberto Martinez, yang berusaha untuk memimpin Everton finis di posisi empat besar dan masuk Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 2005.

"Ini sangat sengit dan sangat memerlukan kewaspadaan, karena makna fase ini dalam semusim."

"Mendapatkan kemenangan merupakan hal yang dahsyat dan itu memperlihatkan apa yang kami miliki di ruang ganti."

Sebelum pertandingan pelatih Sunderland Gus Poyet berkata bahwa timnya "memerlukan keajaiban" untuk menghindari degradasi dan tugas-tugas mereka terlihat semakin sulit sekarang, ketika kekalahan yang diderita Sunderland membuat mereka sekarang tertinggal empat angka di dasar klasemen.

Sementara itu, tim peringkat kedua dari bawah Cardiff menang 1-0 di markas Southampton, di mana bek Juan Cala mencetak gol pada menit ke-65.

Fulham, yang berada di peringkat ke-18 juga  mengalahkan tim peringkat keempat dari bawah Norwich City 1-0 di Craven Cottage. Gol kemenangan Fulham diciptakan Hugo Rodallega.

Crystal Palace menepikan kecemasan-kecemasan degradasi mereka dengan kemenangan kandang 1-0 atas Aston Villa berkat gol semata wayang Jason Puncheon pada menit ke-76.

Namun West Brom, yang memulai hari dengan menduduki peringkat ke-16, menyia-nyiakan peluang untuk meraih kemenangan melawan Spurs setelah unggul 2-0 pada menit keempat dan 3-0 setelah menit ke-31.

Empat posisi terbawah sekarang diisi oleh Norwich yang memiliki 32 angka, diikuti Fulham (30), Cardiff (29), dan Sunderland (25). Sunderland memiliki dua pertandingan yang belum dimainkan, namun mereka terlihat akan terlempar dari kompetisi strata tertinggi di Inggris.

Berikut hasil pertandingan Sabtu:

Crystal Palace 1 - 0 Aston Villa
Fulham 1 - 0 Norwich
Southampton 0 - 1 Cardiff
Stoke 1 - 0 Newcastle
Sunderland 0 - 1 Everton
Brom     3 - 3     Spurs

(H-RF)

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014