Kuala Lumpur (ANTARA News) - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) hari ini mencabut larangan bermain selama satu tahun kepada dua pemain Korea Selatan Lee Yong-Dae dan Kim Ki-Jung karena tidak mengikuti tes doping dengan menyatakan "bukti baru" telah membebaskan mereka.

Federasi bulu tangkis yang berbasis di Kuala Lumpur ini tidak mengungkapkan bentuk bukti tersebut namun menyatakan larangan itu telah dicabut dan kedua pemain memenuhi syarat untuk segera bermain kembali.

Larangan bermain satu tahun dikenakan Januari silam setelah kedua pemain absen selama kunjungan para inspektur anti-doping.

Asosiasi Bulu Tangkis Korea berkilah bahwa Lee dan Kim sibuk mengikuti kompetisi-kompetisi internasional.

Lee menggondol emas ganda campuran Olimpiade 2008 dan merebut medali perunggu ganda putra Olimpiade London 2012.

BWF menyebut bukti yang ditimpakan kepada kedua pemain pada dengar pendapat terdahulu mengenai kasus ini Januari lalu sebagai "tidak cukup dan ambisius", namun informasi yang baru ini telah mengubah kesimpulan BWF tersebut.

Bulan lalu BWF mendenda asosiasi bulu tangkis Korea dengan 40.000 dolar AS karena gagal menyediakan informasi penting mengenai aturan tes doping kepada kedua pebulutangkis tersebut, demikian laporan AFP.

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014