Namun mereka hanya akan dipanggil dalam kondisi darurat."
Milan (ANTARA News) - Pelatih tim nasional Italia Cesare Prandelli pada Selasa mengesampingkan para pemain veteran Francesco Totti, Luca Toni, dan Antonio Di Natale dari tim Piala Dunianya ketika ia mendukung Giuseppe Rossi dan sejumlah pemain muda lainnya.

Totti dan Toni memiliki harapan untuk dapat pergi ke Brazil dan memainkan Piala Dunia terakhir mereka - impian-impian Toni terdorong oleh rekor 17 golnya di Liga Italia sejauh ini pada musim ini, lapor AFP.

Bagaimanapun kapten Roma Totti, penyerang Verona Toni, dan penyerang Udinese Di Natale dikesampingkan oleh Prandelli setelah sang pelatih membentuk grup berisi 42 pemain yang akan kembali diseleksi olehnya untuk membentuk tim final dengan 23 pemain.

"Saya memiliki rasa hormat yang besar untuk para pemain ini, dan mereka layak mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap saat mereka berada di sini," kata Prandelli.

"Namun mereka hanya akan dipanggil dalam kondisi darurat."

Rossi, yang memimpin daftar pencetak gol liga sebelum menderita cedera ligamen lutut pada awal Januari, di mana ia masih memulihkan diri dari cedera itu, selalu mendapat dukungan dari pelatih 56 tahun ini, yang kelihatannya tetap membuka pintu bagi sang penyerang Fiorentina.

Bagaimanapun, Prandelli mengatakan masa depan Piala Dunia Rossi dapat bergantung sepenuhnya pada hasil ujian-ujian kebugaran yang telah dijadwalkan.

"Mengenai Rossi saya tidak dapat berkata apa-apa. Tes-tes yang ia lakukan harus dianalisa dan kemudian dibandingkan dengan data lama yang kami miliki tentang dia," tambah Prandelli.

"Saya tidak ingin memberi tekanan apapun terhadapnya. Ia memerlukan kedamaian untuk memulihkan diri."

Rossi diharapkan dapat melakukan perjalanan ke Brazil bersama penyerang pilihan nomor satu Mario Balotelli.

Namun bakat-bakat muda seperti Mattia Destro dari Roma dan penyerang Torino Ciro Immobile, yang memuncaki daftar pencetak gol Liga Italia dengan 19 gol - satu gol lebih banyak dari Carlos Tevez - juga masuk pertimbangan.

"Kami memprovokasi sejumlah pemain muda belakangan ini, mereka telah membungkam kritik-kritik terhadapnya dan bereaksi dengan positif," kata Prandelli.

"Tidak ada kebenaran dalam sangkaan bahwa keduanya tidak dapat dibawa ke Brazil."

Sementara itu, sang pelatih Azzurri, mengirim pesan yang jelas terhadap pemain-pemain dengan perilaku buruk, ia berkata bahwa mereka tidak akan dimasukkan dalam turnamen di musim panas ini.

"Pagi ini saya telah bertemu dengan para pemain dan saya mengingatkan mereka bahwa kode etik liga akan diperhitungkan."

"Bahkan pada bulan terakhir musim, siapapun dapat berada di rumah karena itu berarti ia tidak mampu menangani tekanan di Piala Dunia."

"Saya muak melihat tingkah laku-tingkah laku seperti itu. Para pemain tim nasional harus cukup kuat untuk menjaga diri mereka agar tidak bereaksi terhadap provokasi."


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014