Pengguna smart phone dapat top up KMT dengan klik menu TopUp KCJ kemudian mengisi 16 digit nomor KMT serta denom yang diinginkan
Jakarta (ANTARA News) - PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) menggandeng tiga operator telekomunikasi yakni Telkom, XL dan Indosat untuk mengembangkan model isi ulang saldo Kartu Multi Trip (KMT) dengan sistem uang elektronik atau e-money.

Direktur Utama PT KCJ Tri Handoyo di Stasiun Sudirman Jakarta, Kamis, dalam acara peluncuran Program Top Up Kartu Multi Trip via e-Money mengatakan kerja sama perusahaannya dengan tiga provider telekomunikasi diharapkan dapat meningkatkan penggunaan KMT pada perjalanan KRL.

"Ke depan fungsi vending machine untuk traksaksi tiket KRL akan terus dikembangkan," kata Tri Handoyo.

Ia menambahkan pengguna jasa nantinya akan dapat melakukan isi ulang saldo dan membeli tiket baru untuk KMT atau Tiket Harian Berjaminan (THB) melalui vending machine dengan menggunakan uang tunai.

Pada kesempatan yang sama Executive General Manager Division Solution Convergen Achmad Sugiarto mengatakan pihaknya menyediakan kemudahan untuk pengguna smart phone dalam mengisi ulang KMT melalui "mobile apps TMoney" yang dapat di-download gratis di "google play".

"Pengguna smart phone dapat top up KMT dengan klik menu TopUp KCJ kemudian mengisi 16 digit nomor KMT serta denom yang diinginkan. Selanjutnya konfirmasi di vending machine di area stasiun commuterline," katanya.

Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi mengatakan kerja sama itu menguntungkan pelanggan karena tidak perlu mengantri.

"Keunggulan XL Tunai yakni mudah dalam mengakses menu untuk mengisi KMT ini. Cukup tekan *123*120# dan pilih pembayaran. Tidak ada pemotongan pulsa tambahan maupun pemotongan saldo XL Tunai," katanya.

Sedangkan bagi Indosat program uang elektronik pada Indosat Dompetku diharapkan dapat dimanfaatkan seluruh pengguna jasa KRL yang menjadi pelanggan operator itu.

Presiden Director & CEO Indosat Alexander Rusli mengatakan layanan e-money untuk isi ulang KMT secara terintegrasi merupakan sebuah keharusan untuk memudahkan sistem pembayaran transportasi bagi pengguna KRL sekaligus pelanggan telekomunikasi.

"Calon pengguna jasa cukup isi ulang melalui menu Dompetku di *789*2# dan mengonfirmasi update saldo kartu dengan tap KMT di vending machine di stasiun," katanya.

Program e-money hasil kerja sama itu sekaligus dapat digunakan untuk berbagai transaksi lain di antaranya pembayaran tagihan, pengiriman pulsa, pengisian pulsa, hingga pencairan uang tunai.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014