... Kebangkitan Yesus Kristus hendaknya dimaknai umat beriman Kristiani untuk menuju ke arah lebih baik dalam segala hal... "
Manado (ANTARA News) - Semangat Paskah merupakan momentum yang tepat bagi umat Kristiani untuk berubah ke arah yang lebih baik.

"Kebangkitan Yesus Kristus hendaknya dimaknai umat beriman Kristiani untuk menuju ke arah lebih baik dalam segala hal," kata Pastor Didi Andries MSC, ketika memimpin misa Paskah di Gereja Bunda Hati Kudus Yesus, Rumengkor Minahasa, Minggu.

Dia mengatakan kemauan umat untuk berubah merupakan wujud dari janji baptis yang selalu didengungkan setiap kali perayaan Paskah.

"Sesudah mengungkapkan kesungguhan dalam janji baptis, umat Katolik direciki dengan air kudus sebagai lambang penyucian diri setelah melalui masa tobat selama masa puasa jelang Paskah," kata Pastor Andries.

Dihadapan sekitar 1.000 umat yang memadati gereja Katolik Bunda Hati Kudus Yesus, Pastor Andries mengatakan, perayaan Paskah bukan hanya acara untuk mengenangkan Kebangkitan Yesus, tetapi diharapkan juga umat kristiani bangkit dari kehidupannya ke arah lebih baik.

"Baptis yang diterima umat yang kemudian diperbaharui kembali saat rayakan Paskah, menjadikan kita ikut serta dalam kebangkitan Kristus," kata Pastor Andries.

Rangkaian perayaan Paskah di seluruh gereja Katolik dilaksanakan selama sepekan yang dikenal dengan Pekan Suci.

Pekan suci diawali minggu palma atau daun-daun dimana Umat Kristiani diajak untuk mengagungkan Yesus sebagai raja semesta alam yang mengatur kehidupan manusia.

Selanjutnya diikuti Misa Kamis Putih, yang merupakan pengenangan kebersamaan Yesus dengan para murid sebelum dia sendiri wafat disalib.

Jumat Agung, merupakan peringatan wafat Yesus Kristus, di saat itu umat selain diajak melakukan puasa dan tobat, juga perayaan mengenangkan sengsara dan wafat Yesus disalib.

Malam Paskah merupakan saat bagi umat untuk memperbaharui diri yang didahului upacara cahaya sebagai lambang penghapusan dari dosa dan upacaya penyucian diri.

Perayaan Paskah menjadi perhatian khusus seluruh umat kristiani di Kabupaten Minahasa dan daerahnya di Sulut ditandai penuh sesaknya seluruh gereja kristen selama perayaan misa berlangsung dalam pekan suci, dan paling banyak luberan umat disaat Jumat Agung dan Paskah.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014