Jakarta (ANTARA News) - Setelah terus menelan kekalahan di dua laga awal, JNE BSC Bandung Utama sukses meraih kemenangan dalam lanjutan Seri V Liga Bola Basket Nasional (NBL) Indonesia, menjungkalkan Stadium Jakarta dengan skor 80-73.

Permainan yang mengalami peningkatan di setiap kuarternya menjadi kunci kemenangan Bandung Utama di Gedung Basket Hall A Senayan, Jakarta, Senin.

Akurasi tembakan dua angka 51 persen dan tiga angka 26 persen dibukukan oleh Bandung Utama dalam laga tersebut, berbanding dengan 41 persen dan 20 persen yang dicatatkan Stadium.

Dua pemain Bandung Utama, Haritsa Herlusdityo dan Surliyadin, bahkan menembus perolehan poin 20 angka, untuk membawa timnya memenangi laga tersebut, masing-masing mengemas 26 dan 20 poin.

Sementara mesin pencetak angka Stadium, Merio Ferdiansyah, dalam laga tersebut berhasil dimatikan oleh skema pertahanan Bandung Utama, ia hanya mengemas 11 poin saja setelah melantai 29 menit 53 detik.

Kemenangan tersebut membuat Bandung Utama menempati peringkat ke-8 klasemen sementara dengan 31 poin dari tujuh kemenangan dan 17 kekalahan, menyalip Hangtuah Sumatera Selatan Indonesia Muda (29, 7-15).

Posisi tersebut kemungkinan akan sulit diambil alih Hangtuah, setidaknya hingga hari ketiga Seri V NBL 2013-2014 berakhir, mengingat Hangtuah dijadwalkan menghadapi Satria Muda Britama Jakarta (40, 18-4), Senin.

Sementara Stadium (33, 11-11) masih berada di peringkat ke-6 klasemen sementara.

Stadium memasuki laga sebagai pihak yang lebih diunggulkan, dan menempati posisi enam besar klasemen, yang diperlihatkan dengan keberhasilan mereka menekan pedal gas lebih dalam di kuarter pertama.

Mereka sukses menutup kuarter pertama dengan memegang keunggulan 23-16 atas Bandung Utama.

Namun, keunggulan itu terlepas begitu saja, akibat rendahnya efektivitas permainan Stadium di kuarter kedua. Situasi Stadium yang hanya mengemas delapan poin dan menderita tujuh "turnover", sukses dimanfaatkan dengan baik oleh Bandung Utama.

Sedikitnya 17 angka dikemas Bandung Utama untuk membalikkan keadaan dan merebut keunggulan 33-31 atas Stadium di penghujung paruh pertama pertandingan.

Surliyadin dkk berjibaku mempertahankan keunggulan mereka demi membuka peluang lebih besar untuk melangkah ke Seri Championship pada paruh kedua laga.

Sementara Stadium, yang harus bangkit dari keterpurukan juga berusaha merebut kembali keadaan, naas mereka hanya memperoleh 16 angka tambahan sedangkan Bandung Utama mencetak 19 angka di kuarter ketiga.

Keunggulan masih milik Bandung Utama kala kuarter ketiga berakhir, dengan skor 52-47.

Ketenangan menjadi kunci kemenangan Bandung Utama di tengah upaya tekanan Stadium membalikkan keadaan, mereka sukses mengamankan 28 angka untuk memenangi laga dengan skor akhir 80-73.

Selanjutnya, pada Rabu (23/4), Bandung Utama akan melakoni laga lanjutan melawan Satria Muda sementara Stadium menghadapi Bimasakti Nikko Steel Malang (31, 9-13), pesaing terdekat yang paling mungkin mengambil alih posisi mereka.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014