Madrid (ANTARA News) - Atletico Madrid tengah menanjak dengan berjaya di kompetisi lokal dalam memburu gelar juara liga, sebaliknya Chelsea tersandung Sabtu lalu di tangan juru kunci Sunderland.

Berikut fakta-fakta mengenai kedua tim yang bertemu pada leg pertama semifinal Liga Champions di Vicente Calderon Rabu dini hari WIB nanti.

Atletico perlu tiga kali menang dari empat pertandingan La Liga tersisa untuk memenangi gelar juara liga yang pertamanya sejak Diego Simeone bermain bersama tim ini 18 tahun lalu.

Kemenangan 2-0 dari Elche Jumat pekan lalu adalah yang kedelapan berturut-turut di liga domestik, namun klub ini juga sama kuatnya di teater Eropa musim ini.

Atletico tak terkalahkan pada 10 pertandingan Liga Champions dan menang pada semua dari lima laga kandangnya.

Sebaliknya, impian Chelsea merebut gelar juara liga domestik nyaris punah setelah untuk pertama kalinya dalam 78 pertandingan, kalah di kandang 1-2 dari juru kunci Sunderland Sabtu pekan lalu.

Juara Liga Champions 2012 ini kini sudah kalah empat kali dalam sembilan laga terakhirnya di berbagai kompetisi, namun menang 2-0 atas Paris Saint-Germain untuk maju ke semifinal Liga Champions ketujuhnya dalam 10 tahun terakhir.

Pelatih:
Atletico Madrid: Diego Simeone (Argentina)- 43 tahun
Chelsea: Jose Mourinho (Portugal) - 51 tahun

Pencetak gol terbanyak di semua kompetisi:
Atletico Madrid: Diego Costa (35 gol)
Chelsea: Eden Hazard (17 gol)

Kinerja di liga domestik
Atletico Madrid: Pemimpin klasemen La Liga dengan empat pertandingan  tersisa, enam poin di atas Real Madrid namun menyimpan satu laga.
Chelsea: Kedua di klasemen Liga Premier, lima poin di bawah pemuncak klasemen Liverpool dengan menyisakan tiga laga.

Perjalanan ke semifinal:
Atletico Madrid: Juara Grup G di atas Zenit St. Petersburg; mengalahkan AC Milan dengan agregat 5-1 pada babak 16 Besar; menyisihkan Barcelona dengan agregat 2-1 di perempatfinal.
Chelsea: Juara Grup E di atas Schalke; mengalahkan Galatasaray dengan agregat 3-1 pada 16 Besar; maju ke semifinal berkat unggul selisih gol kandang dari Paris Saint-Germain setelah seri 3-3 di perempatfinal.

Penampilan terbaik Piala Eropa/Liga Champions:
Atletico Madrid: runner-up 1974
Chelsea: Juara (2012)

Penghargaan lain
Atletico Madrid: 9 kali juara Liga Spanyol, 10 kali juara Copa del Rey, 2 kali juara Liga Europa, 1 kali Juara Cup Winners' Cup, 1 kali juara Piala Intercontinental
Chelsea: 4 kali juara Liga Inggris, 7 kali juara Piala FA, 4 kali juara Piala Liga, 1 kali juara Liga Europa, 2 kali juara Cup Winners' Cup, 1 kali juara Piala Super Eropa

Pertemuan sebelumnya:
Kedua klub sudah bertemu tiga kali di semua kompetisi Eropa dengan rekor sama-sama satu kali menang, satu kali kalah, dan satu kali seri.

Atletico menjuarai Piala Super Eropa pada 2012 ketika trigol Radamel Falcao pada babak pertama mengantarkan mereka menang 4-1 dari AS  Monaco.

Chelsea berada di atas angin ketika kedua klub bertemu satu grup pada 2009, dengan menang 4-0 di Stamford Bridge, dan seri 2-2 di Madrid untuk memastikan langkahnya ke babak 16 Besar musim itu.

sumber: AFP

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014