Phnom Penh (ANTARA News) - Bank Pembangunan Asia (ADB) pada Rabu menandatangani pemberian pinjaman 81,7 juta dolar AS, termasuk hibah sebesar 6,7 juta dolar AS dari Australia, untuk Kamboja.

Dana tersebut akan digunakan untuk membantu pemulihan Kamboja dari bencana banjir pada akhir 2013, yang memengaruhi 1,7 juta orang dan mengakibatkan kerugian 356 juta dolar AS.

Perjanjian kredit dan hibah ditandatangani di Phnom Penh oleh Menteri Keuangan Kamboja Aun Pornmoniroth, country director ADB untuk Kamboja Eric Sidgwick serta Duta Besar Australia untuk Kamboja Alison Burrows.

"Rekonstruksi infrastruktur penting akan membantu memulihkan mata pencaharian dengan mendirikan kembali akses ke pasar-pasar dan jasa-jasa sosial serta meningkatkan produksi pertanian," kata Sidgwick setelah upacara penandatanganan.

Termasuk pinjaman yang disebutkan di atas, total pembiayaan ADB untuk pemulihan Kamboja telah mencapai 130 juta dolar AS, kata bank dalam siaran persnya, menambahkan bahwa uang tersebut akan digunakan untuk membangun kembali 376 km jalan dan tiga jembatan serta sembilan bangunan irigasi di enam provinsi yang terdampak banjir parah.

Aun Pornmoniroth mengatakan pekerjaan rekonstruksi akan dilakukan tahun ini dan akan selesai pada Maret 2017, demikian laporan Xinhua.

(A026)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014