Jayapura (ANTARA News) - Tuan rumah Persipura Jayapura secara mengejutkan kalah 0-2 dari tamunya Home United pada laga Piala AFC Grup E di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Rabu sore.

Gol tim tamu dicetak oleh Fazrul manfaatkan umpan silang dari Jumaat di sisi kanan pertahanan Persipura. Bola sundulan itu sempat mengenai tiang dan masuk. Gol kedua, tim tamu dilesakkan oleh Jumaat pada menit 22 melalui tendangan jarak jauh dari sebalah kanan.

Tendangan jarak jauh Jumaat itu sukses memanfaatkan kelengahan kiper Yoo Jae Hoon yang agak maju. Bola tendangan jarak jauh itu sempat ditepis tapi tetap masuk gawang Persipura. Tim tamu unggul 2-0 atas tuan rumah "Mutiara Hitam" pada menit 22.

Sementara pemuncak klasemen Grup E Piala AFC saat ini, Persipura, mencoba menyerang dari kiri-kanan pertahanan Home United tapi tidak juga membuahkan hasil.

Penetrasi dari Ferinando Pahabol dan Lukas Mandowen dibantu Boakay masih bisa dihalau barisan belakang Home United yang pimpin Precious mantan pemain Persidafon Dafonsoro.

Begitu juga tiga kali tendangan jarak jarak jauh Nelson Alom masih bisa diblok kiper Home United, Jantan. Termasuk tendangan keras kapten Persipura Ian Louis Kabes menit 34.

Beberapa kali umpan silang Ruben Sanadi dari kiri pertahanan tim lawan belum bisa dikonversi jadi gol oleh Boakay, Yohanis Tjoe, dan Bio yang kerap membantu penyerangan.

Termasuk peluang terakhir dipertambahan waktu satu menit babak pertama yang didapatkan oleh Ferinando Pahabol yang berhasil mengecoh dua pemain belakang Home. Sayang, kiper Jantan yang sudah terkecoh, gawangnya masih bisa diselamatkan dengan sundulan pemain belakang Home United.

Dan hingga pluit akhir ditiup oleh Lee, skor tetap 0-2 untuk keunggulan tim tamu Home United.

Diawal babak kedua Persipura sempat mencetak gol lewat Ferinando sepakan Pahabol, tapi dianulir wasit karena bola yang diumpan Boakay kepadanya ternyata sebelumnya sudah meninggalkan lapangan.

Lalu di menit 48 umpan dari kapten Ian L Kabes gagal dikonversi oleh Boakay. Termasuk dua umpang silang menit 54 dan 55, tidak bisa dimanfaatkan dengan baik oleh penyerang-penyerang Persipura.

Tendangan jarak jauh yang dilepaskan Ruben Sanadi pada menit 57 masih jauh diatas mistar gawang lawan. Kemudian gol Lukas Mandowen menit 58 dianulir karena ia dianggap menahan bola dengan tangan sebelum menembak ke gawang.

Pelatih Persipura Jacksen F Tiago kemudian mengganti dua pemain sekaligus pada menit 62, Boaz TE Salossa masuk menggantikan Luka Mandowen, sedangkan Titus Bonay menggantikan Boakay.

Masuknya Boas, langsung terlihat serangan Persipura mulai gencar. Di menit 63 tendangan jarak jauh menyusur tanah Boaz masih jauh di sisi kanan gawang lawan.

Tim tamu yang bermain bertahan mencoba balik menyerang lewat kaki Qiu Li dan Bruno menit 64 dan 65, tapi sepakan keras kedua pemain itu masih bisa ditepis kiper Yoo Jae Hoon.

Di menit 80 pertandingan sempat terhenti dua menit karena penonton Persipura di tribun Utara dan Liverpool melemparkan botol minuman ke lapangan, memprotes hakim garis yang dinilai tidak adil ketika memberikan tendangan bebas ke tim lawan.

Kemudian di menit ke 84 dan 85 sepakan Titus Bonai belum berhasil menjebol gawang Home United yang dikawal Jantan. Termasuk tendangan jarak jauh pemain bertahan Persipura Dominggus Fakdawer yang maju kedepan membantu penyerangan menit 87, juga masih jauh dari sasaran.

Dan hingga pertambahan waktu lima menit, kedua tim tidak lagi menambah gol. Kedudukan 0-2 buat tim tamu Home United tetap bertahan. Persipura kalah.

"Kami sebagai jajaran pelatih kecewa juga dengan hasil ini. Tapi anak-anak sudah tunjukkan permainan terbaiknya," kata Pelatih Persipura Jacksen F Tiago kepada pers usai pertandingan.

Sementara itu pelatih Home United Lee Li Saeng mengatakan,"Kami memang dari awal ingin meraih poin di kandang Persipura dan hal itu terwujud dengan kemenangan 0-2 tadi. Anak-anak sudah membuktikak diri dan pemain Persipura juga miliki peluang gol tapi saya hal itu tak kunjung datang," katanya.

Susunan pemain:

Persipura

1. Yoo Jae Hoon (kiper), 8. Lim Jun Sik, 12, Nelson Alom, 13. Ian L Kabes (kapten), 14. Ruben Sanadi, 17. Feinando Pahabol/Izaac Wanggai, 24. Foday Boakai Eddie/Titus Bonai, 31. Dominggus Fakdawer, 33. Lukas Mandowen/Boaz TE Salossa, 44. Yohanis Tjoe, 45. Bio Paulin.

Pelatih Jacksen F Tiago asal Brasil.

Home United

4. Jumaat Jantan (kapten), 7. Bruno, 9. Emuejeraye Precious, 10. Yasir, 11. M. Izzdin SBY, 13. Lee Kwan Woo, 14. Shahril Bin Jantan (kiper), 16. Qiu Li, 17 Fazrul Nawas, 18. Camara, 19. Indra Sahdan.

Pelatih Lee Li Saeng asal Korea Selatan.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014