Washington (ANTARA News) - Aaron Sorkin meminta maaf jika para wartawan menganggap "The Newsroom" merupakan video pelatihan yang menginstruksikan bagaimana cara mereka harus mengerjakan pekerjaannya.

Buzzfeed melaporkan, saat ditanya apa yang telah dipelajarinya dari dunia jurnalistik melalui serial yang telah dibuatnya itu, pencipta serial drama di HBO yang menceritakan tentang tim broadcast di sebuah televisi kabel tersebut malah meminta maaf di hadapan para audiens Tribeca Film Festival atas "kesalahpahaman yang buruk sekali".

"Saya ingin Anda semua mewakili setiap orang di luar sana, jika Anda tak keberatan. Saya kira Anda sekalian dan saya telah salah paham dengan 'News Room' dan saya memohon maaf dan saya akan mulai lagi. 

Menurut saya, telah terjadi kesalahpahaman yang buruk sekali," kata Aaron dikutip The Wrap.

"Saya tidak membuat serial ini berdasarkan kejadian yang baru terjadi di masa lalu agar menjadi tolok ukur bagi para profesional untuk melakukan pekerjaannya. Itu hal yang sangat jauh dari pikiran saya. Saya membuat serial ini dengan seting kejadian yang baru saja terjadi hanya karena saya tidak ingin membuat berita bohongan.

Akan jadi sangat aneh kalau dunia orang-orang yang diceritakan di serial itu sama sekali tidak menyerupai dunia yang Anda tinggali... Selain itu, saya ingin menyuguhkan sebuah pilihan dinamis yang hebat yang bisa Anda dapatkan ketika penonton tahu lebih banyak dari karakternya."

"Jadi, saya tidak sedang mencoba dan tidak punya kemampuan menggurui jurnalis profesional. Itu bukan niat saya dan saya juga tidak berniat mengajari Anda atau mencoba meyakinkan Anda atau apapun."

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014