Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Pers Bagir Manan menyerukan pers harus lebih peduli terhadap pemberitaan kejahatan terhadap anak-anak dan perempuan.

"Kejahatan terhadap anak-anak belakangan ini semakin keji. Saya pribadi ngeri, dan selalu teringat cucu mendapat informasi ini," ujarnya di Jakarta, Kamis.

Mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) tersebut mengemukakan, kasus korupsi, terorisme dan narkoba termasuk kejahatan besar yang dampaknya merusak kehidupan masyarakat.

"Namun, kejahatan terhadap anak-anak dan perempuan dampaknya juga merusak kehidupan masyarakat, bahkan masa depannya," ujar Guru Besar Emeritus bidang hukum di Univesitas Padjajaran (Unpad) Bandung itu.

Mantan Rektor Universitas Islam Bandung (Unisba) itu mengingatkan, "Pers juga harus taat kode etik jurnalistiknya dalam memberitakan anak-anak sebagai korban maupun terlibat sebagai pelaku."

Oleh karena itu, ia juga mengimbau, pers menyajikan pemberitaan berisi bagaimana masyarakat dapat melindungi dirinya, terutama bagi anak-anak dan kaum perempuan.

"Ini perkara serius bagi masyarakat, dan pers tentunya punya kewajiban membela kepentingan anak-anak dan perempuan. Kita sangat dekat dengan urusan ini," demikian Bagir Manan.

Pewarta: Priyambodo RH
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014