NasDem memberikan dukungan penuh, dengan perasaan yang bergembira, berbesar hati. Bahwa capres PDIP sama dengan capres dari Nasdem."
Jakarta (ANTARA News) - Gerakan Perubahan Untuk Indonesia Hebat (Geperindoh), yang merupakan gerakan perjuangan arus bawah Partai NasDem dan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan siap memenangkan calon presiden hasil koalisi kedua partai, Joko Widodo alias Jokowi sebagai presiden.

Penggagas Geperindoh, Ramdan Alamsyah, di Jakarta, Kamis, mengatakan, bersatunya dua elemen arus bawah atau wong cilik ini terjadi secara spontanitas dan atas rasa perjuangan senasib dan seperjuangan untuk perubahan Indonesia hebat.

"Kami dari berbagai elemen. Ada buruh, petani, tukang becak, tukang ojek, pengacara, dokter, guru, pemulung, tukang asong dan lainnya yang akan berjuang dengan sekuat tenaga memenangkan capres Jokowi sebagai RI 1," kata Ramdan.

Geperindoh, kata dia, merupakan arus bawah yang mengedepankan intelektualitas dan merakyat untuk memenangkan Jokowi sebagai presiden Republik Indonesia.

"Saat ini jaringan Geperindoh sudah ada dari Sabang sampai Marauke yang terdiri atas kader dan simpatisan kedua partai," ucap Ramdan yang juga mencalonkan diri sebagai caleg Partai NasDem.

Sebelumnya Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh mengatakan, partainya telah resmi merapat ke PDI Perjuangan untuk berkoalisi dan mendukung Joko Widodo sebagai capres yang diusung PDI Perjuangan.

"Kami sepakat untuk merapatkan barisan, untuk persiapan mendukung capres dari PDI Perjuangan," ujar Surya Paloh saat menggelar jumpa pers di kantor DPP Partai NasDem, Jakarta, Sabtu (12/4).

Surya Paloh mengungkapkan, sepakatnya Partai NasDem merapat ke PDI Perjuangan lantaran Partai NasDem dengan PDI Perjuangan memiliki visi yang sama dalam mewujudkan sistem pemerintahan presidensil yang sebenarnya.

"Perbincangan kami, perbincangan yang lebih banyak pada keinginan untuk memahami kesamaan visi dan misi dari peran yang bisa dijalankan, dari dua institusi parpol, PDIP dan NasDem," kata Surya Paloh.

Surya Paloh pun mendukung majunya Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi sebagai calon presiden dari PDI Perjuangan. Bahkan, ia menilai Jokowi merupakan capres juga dari Partai NasDem.

"NasDem memberikan dukungan penuh, dengan perasaan yang bergembira, berbesar hati. Bahwa capres PDIP sama dengan capres dari Nasdem," ucap Surya.

Surya mengatakan NasDem memiliki kesepakatan untuk mendukung majunya Jokowi sebagai capres. NasDem memiliki komitmen untuk mendukung pencapresan Jokowi pada pemilu presiden. (*)

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014