London (ANTARA News) - Penyalur resmi ban untuk MotoGP, Bridgstone, mengumumkan Kamis akan mundur dari ajang tersebut pada akhir musim 2015.

Perusahaan ban dari Jepang itu seperti dikutip dari Reuters adalah yang pertamakali mendominasi MotoGP  dengan memasok untuk tim Honda dan Yamaha pada 2002.

Bridgestone mengatakan dalam pernyataannya bahwa keputusan itu diambil dengan pertimbangan mereka telah a mencapai tujuan meningkatkan kemampuan teknis dan meningkatkan merek global.

Bridgstone menjadi penyalur ban untuk kategori top balapan grand prix pada 2009, sedangkan perusahaan ban Dunlop asal Inggris menyalurkan untuk klas Moto2 dan Moto3.

Bridgestone yang bermarkas di Tokyo mengatakan, perusahaannya akan melanjutkan investasi dalam pengembangan ban MotoGP setelah dua musim mendatang.

"ini cukup menyedihkan dengan keluarnya kami dari MotoGP," kata manajer umum global motorsport Bridgestone Kyota Futami.

Bridgestone menjadi penyalur ban untuk Formula Satu antara tahun 2008 hingga 2010, selanjutnya mereka hengkang dan digantikan ban Italia Pirelli. 

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014