Lillard membayar kesalahan perpindahan bola (turnover) sebelumnya di sisa waktu 28 detik kuarter ke-4 dengan sebuah lemparan tiga angka kemenangan
Jakarta (ANTARA News) - Damian Lillard berhasil menjaringkan lemparan tiga angka di 0,1 detik terakhir untuk menutup kemenangan Portland Trail-Blazers atas Houston Rockets 99-98, dan meloloskan tim Portland Trail Blazers ke seri kedua atau babak semifinal Wilayah Barat Kompetisi Bola Basket Nasional Amerika (NBA).

Lillard membayar kesalahan perpindahan bola (turnover) sebelumnya di sisa waktu 28 detik kuarter ke-4 dengan sebuah lemparan tiga angka kemenangan, hasil umpan Nicholas Batum, pada pertandingan keenam (Game 6) seri pertama babak playoff Wilayah Barat NBA, di Portland, Sabtu WIB.

Portland Trail Blazers unggul 4-2 dalam seri best of seven game dan memastikan lolos ke semifinal untuk berhadapan dengan pemenang antara San Antonio Spurs melawan Dallas Mavericks yang saat ini masih imbang 3-3.

Lillard total mencetak 25 angka dengan menjaringkan 8 dari 14 usaha lemparan lapangan dan 6 dari 10 usaha lemparan tiga angka. Demikian statistik yang dirilis NBA.

Berikut ini drama reli angka yang terjadi di periode terakhir Game 6 yang berlangsung di Portland, Sabtu WIB.

Kejar mengejar angka (reli poin) terjadi di kuarter ke-4, Damian Lillard membuka periode terakhir dengan sebuah lemparan tiga angka kemudian disamakan dengan driving lay up Jeremy Lin.

Portland melaju melalui sebuah lay up dan sebuah dunk dari Thomas Robinson. Kemudian dijawab Houston dengan sebuah lay up James Harden dan sebuah hook shot Dwight Howard menyamakan kedudukan.

Pemain center Robin Lopez melakukan sebuah turn around hook shot ditambah sebuah driving lay up darinya dibalas dengan jump shot Howard.

Kemudian Howard menjaringkan 4 dari 4 lemparan bebas dan menambahkan dengan sebuah jump shot untuk keunggulan Rockets 93-91.

Sebuah lemparan bebas dari Wesley Matthews dan tip shot dari Lopez membuat Portland unggul 94-93. Namun permainan tiga angka (three point play) Howard membuat Rockets unggul 96-94.

Saat sisa waktu 48 detik, Omer Asik melakukan foul out.

Kemudian Batum menyamakan kedudukan 96-96 melalui pull up jump shot di sisa waktu 39,9 detik.

Dalam sebuah kesempatan serangan, point guard All Stars, Damian Lillard, gagal mengkonversi menjadi angka. Ia melakukan kesalahan out of bond dengan memasukkan bola dari bawah keranjang dan menyebabkan bola berpindah di sisa waktu 28 detik.

Chandler Parsons mendapatkan bola pantul (rebound) dan melakukan reverse lay up di sisa waktu 0,9 detik yang membuat Houston Rockets unggul 98-96.

Namun dalam kesempatan serangan terakhir, Lillard mencetak tiga angka di sisa waktu 0,1 detik sekaligus menutup kemenangan Portland Trail Blazers atas Houston Rockets 99-98.

(E012)

Pewarta: Ella Syafputri
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014