Kami targetkan sarana olahraga akan rampung tepat waktu, pembangunan sarana baru dilakukan mulai tahun 2014
Bandung (ANTARA News) - Tuan rumah PON XIX/2016 Jawa Barat akan melelang penyelenggaraan pertandingan kepada sponsor sehingga menjadi penyelenggaraan PON yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Jabar membuka peluang bagi swasta untuk lebih besar dalam keterlibatan di ajang PON XIX/2016, dan akan menjadi penyelenggaraan PON berbeda dengan sebelumnya," kata Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Jabar Yudha M Prayudha di Bandung, Minggu.

Menurut Yudha, peluang Jabar untuk menghadirkan PON yang lain dari biasanya itu sangat terbuka, dan pihaknya berupaya untuk bisa menarik minat swasta untuk berkiprah lebih jauh pada ajang olahraga empat tahunan itu.

Skema sponsorship yang akan diterapkan pada ajang PON di Jabar diarahkan untuk meningkatkan optimalisasi penyelenggaraan PON mulai dari pembukaan, pertandingan hingga penutupan.

"Tidak menutup kemungkinan pertandingan satu cabang olahraga akan melibatkan satu sponsor utamanya, kita cari skema yang terbaik dan bisa mendorong tri sukses yang dicanangkan Jabar," kata Yudha.

Selain itu, pihaknya juga berkaca dari beberapa pelaksanaan PON sebelumnya di Palembang, Samarinda dan Pekanbaru.

"Banyak kiat sukses yang mereka lakukan yang bisa kita contoh, namun ada juga keemahan yang perlu menjadi evaluasi bagi Jabar sehingga diharapkan pelaksanaan PON XIX/2016 berlangsung sukses," katanya.

Ia menyebutkan, pembinaan prestasi atlet ditangani oleh KONI Jabar, sedangkan Pemprov Jabar saat ini fokus untuk membangun dan merevitalisasi sarana olahraga yang akan dijadikan tempat pertandingan.

"Kami targetkan sarana olahraga akan rampung tepat waktu, pembangunan sarana baru dilakukan mulai tahun 2014 ini," katanya.

Selain menyiapkan diri jadi tuan rumah PON XIX/2016, Jabar juga akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2016. Namun demikian tidak akan mengganggu konsentrasi Jabar dalam menggelar dua ajang olahraga besar itu.

"Semuanya sudah disiapkan, dan tidak akan memecah konsentrasi," kata Yudha.

Sementara itu persiapan Jabar menjadi tuan rumah dilakukan dengan rencana pembangunan sejumlah sarana olahraga yang berlokasi di Kota Bandung dan di Kompleks Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014