Penentuan cawapres, kami serahkan sepenuhnya pada mekanisme partai."
Demak (ANTARA News) - Bakal calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI) Perjuangan Joko Widodo (Jokowi) disambut langsung KH Munif Zuhri di Pondok Pesantren Girikesumo, Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Sabtu.

"Penentuan cawapres, kami serahkan sepenuhnya pada mekanisme partai," ujar Jokowi, seusai pertemuan tertutup dengan KH Munif Zuhri selama sekira 15 menit.

Jokowi mengungkapkan, pertemuannya dengan sejumlah kiai dan tokoh ulama di Jawa Timur dan Jawa Tengah banyak memberikan pesan yang bisa ditangkapnya.

Salah satunya, menurut Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta itu, soal keumatan dan menginginkan calon wakil presiden (cawapres)-nya nanti juga kuat di bidang hukum.

Hal terpenting, kata dia, cawapresnya memiliki nuansa batin yang sama.

Ia menambahkan, cawapresnya bisa diketahui pada pekan depan.

Ketika ditanya pers soal figur cawapres yang layak mendampingi Jokowi, Munif Zuhri mengungkapkan, biarlah Jokowi yang menentukan.

Rombongan Jokowi juga disambut meriah oleh ratusan santri di kediaman Kiai Munif Zuhri, yang juga Ketua Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Tengah, di Desa Banyumeneng, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak yang sejak pagi menantikannya. (*)

Pewarta: Akhmad Nazaruddin Lathif
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014