... seolah berhadapan dengan subyek yang digeluti dalam tampilan 3D. Berbagai hal tentang Kampus i3L bisa disimak melalui situs www.i3L.ac.id... "
Jakarta (ANTARA News) - Swedia dikenal sebagai negara yang memiliki barisan inovasi unggulan dunia, yang representasinya diperkenalkan di Indonesia berupa Kampus Indonesia International Institute for Life Science (i3L), di bilangan Pulomas, Jakarta Timur. 

"Kami memandang kemitraan dengan Indonesia menjadi prioritas penting. Penting untuk saling memahami dan membagi yang kita miliki, untuk inilah Kampus i3L didirikan di mana masyarakat Indonesia bisa memahami inovasi-inovasi yang terjadi di berbagai aspek kehidupan," kata Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Ewa Polano, di Jakarta, Senin. 

Kampus i3L berdiri pada satu kompleks bangunan delapan lantai, yang dikelola oleh pemimpinnya, Presiden i3L, Niclas Adler, sebagai badan di luar Kedutaan Besar Swedia di Jakarta, yang menunjang penguatan hubungan Swedia-Indonesia. 

Indonesia, kata Polano, bertumbuh ekonominya secara luar biasa untuk ukuran dunia dan diakui cukup stabil. Pemeringkatan ekonomi Indonesia cenderung meningkat dari tahun ke tahun dan pada 2030 diramalkan menjadi pemain penting dunia. 

Negara-negara maju dunia, kata dia, dapat bertahan dan maju berkat penguasaan ilmu pengetahuan, sains, dan inovasi secara konsisten dan terprogram baik. Keperluan pendidikan tinggi di bidang-bidang inilah yang kami motori. Sudah saatnya Indonesia memproduksi dan mempertahankan talenta-talenta berbakat negeri ini. 

Di Kampus i3L ditawarkan berbagai program unggulan di strata 1, yaitu ilmu pangan, teknologi pangan, pengobatan hayati (biomedicine), bioteknologi, bioinformatics, dan bioenterpreneurship. 

Di lantai-lantai kampus dengan nuansa Nordik yang dominan kayu dalam garis rancang sangat sederhana namun fungsional itu, pengunjung dapat mengetahui secara lebih dekat keunggulan-keunggulan ilmu pengetahuan dan sains Swedia. 

Di antaranya teknologi "simulator" yang berbasis virtual. Di layar --secara fisik seperi parabola dalam radius sempit-- pemakai "simulator" itu seolah berhadapan dengan subyek yang digeluti dalam tampilan 3D. Berbagai hal tentang Kampus i3L bisa disimak melalui situs www.i3L.ac.id. 

"Indonesia memiliki keragaman hayati sangat dahsyat dan Swedia juga memiliki keragaman hayati dasar laut terbanyak di Bumi. Peresmian Kampus i3L menandakan negara ini akan memiliki institusi riset besar di dunia dan kami sangat mendukung hal itu," kata Adler. 

Dia mencontohkan, institusi penelitian medik Swedia tengah bekerja sama dengan RS Pusat Kanker Dharmais dalam hal riset pengobatan kanker berbasis teknologi T-cell. "Teknologi ini memungkinkan sel memperbaiki diri sendiri dan kami mengembangkan teknologi medis ini bersama Indonesia," katanya. 

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014