tiket kereta api arus balik tujuan Jakarta untuk keberangkatan H+1 atau 30 Juli dan H+2 atau 31 Juli yang masih tersedia di antaranya adalah Taksaka Pagi, Argo Lawu, Taksaka Malam dan Argo Dwipangga.
Yogyakarta (ANTARA News) - Tiket arus balik Lebaran dari Yogyakarta ke sejumlah tujuan seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan Malang untuk keberangkatan H+1 dan H+2 masih tersedia.

"Tiket balik masih tersedia cukup banyak, khususnya untuk kereta eksekutif tujuan Jakarta. Tiket masih tersedia untuk lebih dari 150 tempat duduk," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi VI Yogyakarta Bambang Setiyo Prayitno, di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, tiket kereta api arus balik tujuan Jakarta untuk keberangkatan H+1 atau 30 Juli dan H+2 atau 31 Juli yang masih tersedia di antaranya adalah Taksaka Pagi, Argo Lawu, Taksaka Malam dan Argo Dwipangga.

Sedangkan untuk kereta bisnis Fajar Utama Yogyakarta, Senja Utama Solo, Senja Utama Yogyakarta, dan kereta ekonomi AC seperti Bogowonto, Progo, Bengawan, dan Gajahwong untuk 31 Juli hingga 6 Agustus sudah habis terjual.

Sementara itu, tiket kereta tujuan Bandung yang masih tersedia adalah kereta Lodaya Pagi dan Lodaya Malam. "Tiket ke Bandung yang terjual habis adalah untuk keberangkatan 1 hingga 4 Agustus," katanya.

Kereta tujuan Surabaya masih tersedia tiket untuk Sancaka Pagi dan Sancaka Malam untuk keberangkatan hingga awal Agustus. Tiket Sancaka hanya habis untuk keberangkatan 3 Agustus.

"Untuk arus balik keberangkatan awal Agustus, rata-rata sudah terjual habis, khususnya untuk tujuan Jakarta dan Bandung. Sedangkan tujuan Surabaya masih tersedia cukup banyak," katanya.

Sementara itu, ketersediaan tiket arus mudik dari Yogyakarta tujuan Surabaya, Bandung, Malang dan Banyuwangi untuk keberangkatan 18--30 Juli masih tersedia 40 persen.

"Untuk kenyamanan melakukan transportasi dengan kereta api, maka para penumpang diharuskan mengisi data dengan benar sesuai kartu identitasnya dan tidak membeli tiket di calo," katanya.

PT KAI menyarankan calon penumpang untuk membeli atau memesan tiket melalui laman PT KAI atau agen eksternal yang bekerja sama.

"Untuk kereta tambahan, belum ada pemberitahuan resmi dari pusat," lanjutnya.

(E013)

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014