London (ANTARA News) - Louis van Gaal berjanji menciptakan sejarah dan mengembalikan Manchester United ke jalur juara setelah hari ini dia diumumkan sebagai manajer baru "klub terbesar di dunia".

Salah satu rahasia umum dalam sepak bola itu akhirnya menjadi kenyataan saat manajer Timnas Belanda ini dinobatkan sebagai bos baru raksasa Liga Inggris yang tengah terseok-seok itu.

"Klub ini mempunyai ambisi besar. Saya juga memiliki ambisi besar.  Bersama, saya yakin kami bisa menciptakan sejarah," tegas dia seperti dikutip AFP.

Pemain terlama tampil bersama United Ryan Giggs akan menjadi asistennya setelah dia mengumumkan mengakhiri karirnya sebagai pemain.

United finis musim ini pada peringkat tujuh dengan harus menyaksikan tetangganya Manchester City menjuarai liga.

Van Gaal diperkirakan akan memperkuat skuad yang lesu sepanjang musim yang baru lewat lalu, dengan tantangan besar mengisi posisi Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand yang keduanya sudah mengumumkan pergi dari klub ini.

Juga ada harapan dari sang pemilik United keluarga Glazer yang berbasis di Amerika bahwa van Gaal akan mengembalikan pentingnya sistem pembinaan pemain muda klub ini demi menghasilkan bakat-bakat tim.

Giggs menjadi produk muda United dari "Angkatan 92" namun Moyes dikritik karena mengabaikan tim muda selama menukangi Old Trafford.

Joel Glazer menyambut keterpilihan van Gaal ini dengan berkata, "Saya senang Louis akan menjadi manajer baru kami. Dia punya derajat istimewa sebagai pelatih, baik sebagai orang yang memotivasi timnya untuk memenangi trofi maupun sebagai orang yang yakin adalah pantas memberi pemain muda kesempatan membuktikan dirinya."

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014