Pangkalpinang (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Jenderal Polisi Sutarman, memastikan kesiapan jajaran Kepolisian Daerah Provinsi kepulauan Bangka Belitung dalam mengamankan Pemilu Presiden 9 Juli 2014.

"Dalam kesempatan ini kita ingin memastikan sejauh mana kesiapan Polda Babel dalam pengamanan pilpres mendatang agar benar-benar dapat berjalan lancar, aman dan tertib," ujarnya di Pangkalpinang, Jumat.

Selanjutnya dia juga memberikan arahan kepada jajaran Polda di daerah itu dalam hal pengamanan proses pilpres secara baik dan benar.

"Pengamanan yang akan dilakukan tidak hanya dalam bentuk fisik, namun juga secara administratif, logistik dan sebagainya," ujar Kapolri.

Ia menyebutkan, sesuai Undang-Undang Nomor 2 tahun 2002, Polri bersifat netral dan tidak menggunakan hak pilihnya pada pesta demokrasi.

Menurut dia, undang-undang ini mengamanatkan bahwa Polri tidak menggunakan hak pilihnya, sehingga bisa lebih amanah dan fokus dalam menjalankan tugasnya sebagai aparat keamanan.

"Sudah menjadi tanggung jawab Polri untuk melakukan pengamanan dan pengawalan sampai selesainya pilpres," ujarnya.

Ia berharap mulai dari proses hingga usainya pilpres kondisi dapat berjalan dengan aman dan kondusif sehingga tujuan yang ditargetkan dari pesta demokrasi bisa tercapai sesuai dengan harapan.

(KR-KMN/R014)

Pewarta: Kasmono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014