...David Luiz menyepakati persyaratan pribadi dengan PSG dan melewati pemeriksaan kesehatan
London (ANTARA News) - Juara Prancis Paris St Germain telah mencapai kesepakatan dengan Chelsea untuk merekrut bek Brazil David Luiz, kata kedua klub, Jumat.

"Langkahnya saat ini adalah David Luiz menyepakati persyaratan pribadi dengan PSG dan melewati pemeriksaan kesehatan," kata klub Liga Utama Inggris Chelsea melalui situs resmi mereka (www.chelseafc.com).

Media Inggris melaporkan bahwa pemain serba bisa berusia 27 tahun itu akan memecahkan rekor bayaran tertinggi yang diterima pemain bertahan di dunia, yakni berkisar antara 40 juta pound sampai 50 juta pound.

Jumlah itu akan melewati angka 36 juta pound yang dibayarkan PSG kepada rekan setim Luiz di timnas Brasil, Thiago Silva, pada 2012 meski kedua klub tidak memberi informasi keuangan pada kesepakatan mereka.

Luiz yang begitu mudah dikenali, dengan rambut panjangnya yang khas, didatangkan Chelsea pada Januari 2011 dari Benfica dengan nilai transfer sekitar 21 juta pound dan membantu klub London barat itu memenangi Liga Champions untuk pertama kalinya setahun kemudian.

Kuat, energik, dan dilengkapi dengan tembakan yang keras, Luiz kerap ikut membantu serangan, namun ia pun dapat menjadi sosok yang rawan di sektor pertahanan.

Ia tampil 143 kali untuk Chelsea selama 3,5 musim di Stamford Bridge, mencetak 12 gol.

PSG mengatakan dalam pernyataannya bahwa mereka berharap untuk dapat secepatnya mencapai kesepakatan dengan Luiz, yang juga dapat bermain sebagai gelandang bertahan dan merupakan bagian dari timnas Brasil untuk Piala Dunia yang akan dimulai pada bulan depan.

"Sesuai dengan keinginan pemain untuk menyiapkan diri dan bermain pada Piala Dunia di kampung halamannya dan pada kondisi sebaik mungkin, kedua klub dan David Luiz berharap dapat mencapai kesepakatan secepatnya antara, dan pada satu sisi, Paris St Germain dan Chelsea, dan pada sisi lain, antara klub Paris ini dan Chelsea, untuk memformalkan transfer secepatnya ketika bursa transfer dibuka (pada 10 Juni)," kata klub.

PSG, yang meraih gelar juara Liga Prancis namun kalah dari Chelsea pada perempat final Liga Champions, pada pekan lalu didenda sebesar 60 juta euro dan tim mereka dibatasi untuk penampilan Eropa musim depan, setelah dinyatakan melanggar peraturan Financial Fair Play (FFP) UEFA.

Klub kaya juara Liga Utama Inggris Manchester City dihantam dengan hukuman yang sama, dan sebagai upaya untuk menyelesaikan masalah mereka dengan badan sepak bola Eropa, kedua klub juga setuju untuk membatasi diri pada bursa transfer untuk dua musim mendatang.

(H-RF)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014