Yogyakarta (ANTARA News) - Manajemen Gembira Loka Zoo Yogyakarta dalam upaya mendukung keberadaan satwa koleksi baru penguin jackass menyediakan ruang pendingin yang bisa menampung 13 ton pakan ikan.

Dirut Gembira Loka Zoo (GLZoo) KMT. A. Tirtodiprojo di Yogyakarta, Minggu, mengatakan, ruang pedingin tersebut berfungsi sebagai gudang penampung pakan bagi penguin jackass.

Menurut dia, untuk mendukung keberadaan satwa penguin tersebut harus diperlakukan khusus di antaranya di dalam kandangnya dilengkapi AC, filter air, pompa air khusus, serta pengecekan PH dan kadar klorin, serta kualitas air secara rutin.

"Di samping itu, pihaknya juga menyediakan genset untuk cadangan saat listrik PLN mati," kata Tirtodiprodjo.

Ia mengtakan, jika enam ekor penguin jackass penghuni baru GLZoo Yogyakarta kini mulai tampak nyaman di kandangnya di kebun binatang setempat. Bahkan, sepasang di antaranya mulai memadu kasih di kandang indoor yang dingin ber-AC.

"Ada yang mulai berpasang-pasangan. Burung penguin ini paling setia. Lambang cinta sejati. Cintanya dengan pasangannya dibawa sampai mati," katanya.

Sementara itu, pawang/perawat satwa penguin tersebut Dwi Rahayu mengatakan meski untuk burung penguin belum digelar acara khusus memberikan makan satwa itu, namun pengunjung di taman burung sudah bisa menyaksikan saat penguin diberi pakan.

"Saya memberi pakan tiga kali sehari pada 09.30 wib, 13.00 WIB dan 17.00 WIB," katanya.

Ia mengatakan GLZoo sendiri baru akan menggelar acara pertunjukkan memberi makan untuk penguin ini setelah nanti burung-burung tersebut benar-benar nyaman di kandangnya.

"Sebetulnya sekarang juga sudah merasakan nyaman, tapi kadang masih kaget kalau saya masuk kandang dengan membawa peralatan," katanya.

Keenam ekor satwa penguin tersebut merupakan sumbangan dari Singapura Zoo.

(H008/Z002)

Pewarta: Heru Jarot
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014