Jayapura (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dipastikan membuka "Sail Raja Ampat" di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, yang akan dilaksanakan 21 Juni mendatang.

Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Christian Zebua kepada Antara mengatakan, Presiden SBY dijadwalkan menginap dikawasan kepulauan. Waisai yang ada di Raja Ampat.

"Presiden SBY akan menginap dikawasan Waisai tanggal 20 Mei dan akan menyaksikan puncak kegiatan yakni parade kapal," kata Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Zebua.

Dia mengatakan, selama berada di Raja Ampat, Presiden SBY juga akan meresmikan dan meninjau rumah pintar.

Karena itulah berbagai kegiatan sedang digalakkan termasuk nantinya "Festival Danau Sentani" yang mulai dilaksanakan tanggal 19 Juni mendatang.

Untuk itu, kata Mayjen TNI Zebua, saat ini anggota tni sedang dikerahkan membantu menyelesaikan berbagai fasilitas yang dibutuhkan seperti mandi, cuci,kakus (MCK).

"Sekitar satu kompi anggota zeni sudah dikerahkan untuk membantu menyelesaikan pembangunan berbagai fasilitas penunjang dan lapangan upacara,"kata Pangdam Cenderawasih.

Menurutnya, berbagai fasilitas itu diharap selesai awal Juni mendatang sehingga pembangunannya saat ini dilaksanakan siang-malam.

"Mudah-mudahan berbagai persiapan dapat selesai pada waktunya," harap Mayjen TNI Zebua seraya mengatakan "Sail Raja Ampat"akan dihadiri peserta dari 18 negara.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014